Beranda INFO POLISI Mutasi Besar Akan Terjadi Ditubuh Polri Jelang Pergantian Kapolri

Mutasi Besar Akan Terjadi Ditubuh Polri Jelang Pergantian Kapolri

73
Mutasi
Keterangan Gambar; Foto Neta S Pane Ketua Presidium Ind Police Watch.
JAKARTA – Ketua Presidium Ind Police Watch Neta S Pane, mempradiksi akan terjadi mutasi besar terjadi di tubuh Polri menjelang pergantian Kapolri Jenderal Idham Azis.

Dalam mutasi itu akan ada dua sampai tiga jenderal bintang dua yang bakal naik menjadi bintang tiga.

Para perwira yang naik menjadi bintang tiga itu dipastikan akan masuk dalam bursa calon Kapolri untuk mutasi menggantikan Idham Azis.

Dari pendataan Ind Police Watch (IPW) menjelang, pensiunnya Kapolri yang hanya menjabat 15 bulan itu akan cukup banyak Perwira Polri yang bakal pensiun. Sedikitnya ada 30 jenderal yang akan pensiun menjelang suksesi Kapolri pada Januari 2021 mendatang.

Para jenderal itu pensiun mulai dari bulan November, Desember 2020, dan Januari 2021 mereka yang pensiun itu terdiri dari tiga komisaris jenderal (Komjen), delapan inspektur jenderal (Irjen), dan 19 brigadir jenderal (Brigjen).

Yang terbanyak adalah alumni Akpol 86 ada 15 jenderal yang pensiun, terdiri dari empat Irjen dan 11 brigjen. Akpol 85 ada 14 jenderal, tiga Komjen, empat Irjen, dan tujuh Brigjen.

Kemudian Akpol 87 satu jenderal yang pensiun dengan pangkat Brigjen. Begitu juga Akpol 88A teman satu angkatan Idham Azis hanya satu Brigjen yang pensiun, yakni Brigjen Ahmad Fachruzzaman yang pensiun 10 Januari 2021 mendatang.

Sementara itu tiga komisaris jenderal yang akan pensiun adalah Kepala BNN Komjen Heru Winarko yang pensiun 1 Desember, Sekjen Kementerian KKP Komjen Antam Novambar, dan Sekretaris Utama Lemhanas Komjen Didid Widjarnardi.

Dengan adanya tiga Komjen yang pensiun berarti akan ada tiga perwira Polri yang berpangkat Irjen akan naik menjadi Komjen, sekaligus mutasi jabatan.

Ketiga Pati yang disebut sebut akan naik menjadi bintang tiga itu adalah Kapolda Metro Jaya Irjen Nana, Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Lutfhi, dan Kapolda Jawa Timur Irjen M Fadil.

Selain itu, jika Polri jadi menaikkan pangkat Dankor Brimob dari bintang dua menjadi bintang tiga, peluang Dankor Brimob masuk bursa calon Kapolri pun terbuka lebar.

Dengan bergesernya sejumlah jenderal bintang dua menjadi bintang tiga, bursa calon Kapolri pengganti Idham Azis akan semakin riuh dimutasi.

Yang pasti sebelum pensiun 30 Januari 2021, kepimpinan Kapolri Idham Azis masih akan diuji lagi dengan dua even besar, yakni pengamanan Pilkada Serentak 9 Desember 2020 dan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021.

[*to-65/ Neta S Pane)

Baca Juga: Wah!!! ST/2933/X/KEP/2020, Kapolri Mutasikan Besar-Besaran Kapolres, Pati & Pamen.