Beranda INFO POLISI Mengejutkan Kapolri Mendadak Copot 2 Jabatan Kapolda & Mutasikan 8 Kapolda

Mengejutkan Kapolri Mendadak Copot 2 Jabatan Kapolda & Mutasikan 8 Kapolda

69
Mengejutkan
JAKARTA – Sungguh mengejutkan Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis baru-baru ini telah membuat gebrakan yang luar biasa, sebelum mengakhiri jabatannya Januari 2021 mendatang, terkait penegakan disiplin terhadap bawahannya, Senin (16/11-20) kemarin.

Informasi yang berhasil diperoleh wartawan Indeksnews.kalteng.com yang bersumber dari beberapa media terpercaya di Indonesia bahwa, baru-baru ini Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis telah mencopot jabatan dua Kapolda sekaligus karena dinilai tidak bisa melakukan pencegahan massa Front Pembela Islam yang berkumpul di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat beberapa waktu lalu, atau dengan kata lain diduga kuat buntut dari acara FPI.

Sebagaimana yang telah dikemukakan Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono bahwa dua Kapolda yang dicopot dari jabatannya itu adalah Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana dan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi.

2 Kapolda Metro Jaya Kapolda Jawa Barat yang dicopot jabatannya
Keterangan Gambar: Sungguh mengejutkan Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis baru-baru ini telah mencopot 2 Kapolda yakni Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana dan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi. Senin (16/11-20) kemarin.

Argo menjelaskan bahwa mengejutkan sekali bahwa kedua Kapolda itu dicopot sejak hari ini Senin 16 November 2020. “Keduanya telah dicopot dari jabatan Kapolda karena tidak bisa menegakkan protokol kesehatan, maka diberikan sanksi pencopotan,” tuturnya, Senin (16/11/2020) kemarin.

Kemudian dijelakan juga oleh Argo Irjen Pol Nana Sudjana kini telah digeser dari Kapolda Metro Jaya jadi Koordinator Ahli Kapolri dan posisi Kapolda Metro Jaya kini digantikan oleh Irjen Pol Fadhil Imran.

3 Kapolda Metro Jaya yang baru

4 Kapolda Jawa Barat yang baru
Keterangan Gambar No. 3 Kapolda Metro Jaya yang baru Irjen Pol Dr. Mohammad Fadil Imran, M.Si., menggantikan Irjen Pol Drs. Nana Sudjana, M.M, dan gambar No. 4 Kapolda Jawa Barat yang baru Irjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si. menggantikan Irjen Pol Drs. Rudy Sufahriadi, M.Si, yang merupakan gebrakan Kapolri yang mengejutkan publik.

Sementara itu, Irjen Pol Rudy Sufahriadi digeser menjadi Widekswasra Tingkat Satu pada Sespim Lemdiklat Polri, jabatan Kapolda Jawa Barat kini dipegang oleh Irjen Pol Ahmad Dhofiri.

“Sanksi ini diberikan karena keduanya tidak bisa menjaga protokol kesehatan di wilayahnya,” kata Argo yang mengejutkan ini.

Selanjutnya mengejutkan sekali Kapolri juga telah menggeser posisi delapan Kapolda lainnya sekaligus. Dua di antaranya dicopot karena tidak bisa mencegah terjadinya kerumunan massa di tengah Covid-19.

Delapan Kapolda yang telah dimutasi itu adalah Kapolda Bali, Kapolda Maluku, Kapolda Metro Jaya, Kapolda Jawa Timur, Kapolda Maluku Utara, Kapolda Jawa Barat, Kapolda Jambi, Kapolda Kalimantan Selatan. Ditambah pejabat baru Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri.

Delapan Kapolda itu diganti mendadak menjelang Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis memasuki masa pensiun pada Januari 2021.

Sungguh mengejutkan berdasarkan Surat Telegram Kapolri dengan nomor ST/3222/XI/KEP/2020: delapan Kapolda yang dimutasi dua diantaranya dicopot sebagai berikut:

  1. Kapolda Bali : Lama: Irjen Pol Dr. Petrus R. Golose, digantikan oleh yang baru :           Irjen Pol Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H, M.Si.
  2. Kapolda Maluku : Lama: Irjen Pol Drs. Baharudin Djafar, M. S.i.,  digantikan oleh          yang  baru  : Irjen Pol Refdi Andri, M. Si.
  3. Kapolda Maluku Utara : Lama: Irjen Pol Drs. Rikhwanto, S.H, M.Hum digantikan          oleh yang baru :  Irjen Pol Risyapudin Nursin, S.I.K.
  4. Kapolda Metro Jaya : Lama: Irjen Pol Drs. Nana Sudjana, M.M, digantikan oleh            yang baru : Irjen Pol Dr. Mohammad Fadil Imran, M.Si.
  5. Kapolda Jawa Timur : Lama: Irjen Pol Dr. Mohammad Fadil Imran, M.Si,                      digantikanoleh yang baru : Irjen Pol Dr. Nico Afianta, S.I.K, SH, MH.
  6. Kapolda Kalimantan Selatan: Lama: Irjen Pol Dr. Nico Afianta , digantikan oleh            yang  baru : Irjen Pol Drs. Rikhwanto.
  7. Kapolda Jambi : Lama: Irjen Pol Drs. Firman Shantyabudi, M.Si, digantikan oleh          yang  baru : Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, S.I.K, M.I.K
  8. Kapolda Jawa Barat : Lama: Irjen Pol Drs. Rudy Sufahriadi, M.Si, digantikan oleh          yang baru : Irjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si.

Sebagaimana telah diketahui bahwa dalam mutasi kali ini jabatan Kapolda yang dianggap paling lama juga bergeser seperti jabatan Kapolda Bali  Irjen Petrus Golose, dijabatnya selama empat tahun tidak pernah bergeser, saat ini sudah bergeser menjabat sebagai Pati Bareskrim Polri untuk persiapan penugasan di luar struktur Kepolisian.

Sebelum ditunjuk Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menjadi Kapolda Bali, Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra menjabat sebagai Widyaiswara Utama pada Sespim Lemdiklat Polri.

Pernyataan Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane, sebelumnya juga mengejutkan bahwa Irjen Pol. Petrus Reinhard Golose telah menjabat sebagai Kapolda Bali selama empat tahun, paling lama di antara seluruh Kapolda yang ada di Indonesia.

Neta menjelaskan bahwa Irjen Pol. Petrus Reinhard Golose menjabat sebagai Kapolda Bali sejak 12 Desember 2016 hingga 16 November 2020, kemarin.

Neta mengatakan Irjen Pol. Petrus Reinhard Golose dulu menjabat sebagai Kapolda Bali menggantikan Irjen Pol Sugeng Priyanto.”Kapolda Bali ini memegang rekor terlama menjadi Kapolda saat ini yaitu mencapai empat tahun dan belum juga dimutasi atau dipromosi,” tutur Neta kepada Bisnis.com, (11/3/2020) yang lalu.

[*to-65)

Baca Juga: Mutasi Besar Akan Terjadi Ditubuh Polri, Jelang Pergantian Kapolri.