Beranda Kabupaten Kotawaringin Timur Pemuda Karang Taruna Kuala Kuayan Canangkan Program Pengelolaan Sampah

Pemuda Karang Taruna Kuala Kuayan Canangkan Program Pengelolaan Sampah

68
Pemuda
Keterangan Gambar: ROBY Tokoh Pemuda Ketua Karang Taruna Kelurahan Kuala Kuayan, Kecamatan Mentaya Hulu, Kabupaten Kotim, Provinsi Kalimantan Tengah
KOTIM – Tokoh Pemuda Karang Taruna bernama Roby selaku Ketua Karang Taruna Kelurahan Kuala Kuayan, Kecamatan Mentaya Hulu, Kabupaten Kotim, Provinsi Kalteng merencanakan canangkan program untuk pengelolaan Sampah.

Informasi yang berhasil diperoleh wartawan Indeksnews.kalteng.com saat berkunjung dikediaman tohoh pemuda melenial lulusan s1 sosialogi ini Roby menyampaikan kiat-kiat atau program yang akan mereka lakukan kepada media ini, Senin (23/11/20) pagi.

Tokoh pemuda Roby menjelaskan bahwa statusnya sebagai Ketua Karang Taruna, Kelurahan Kuala Kuayan, Kecammatan Mentaya Hulu, tahun depan akan merencanakan program pengelolaan Sampah di Kuala Kuayan.

Saat ini pihaknya masih fokus untuk mensukseskan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 yang akan datang, untuk sementara ini program itu belum berjalan lantaran pengurus belum dilantik.

“Rencana pelantikan itu akan dilaksanakan  pada tanggal 26 Nopember 2020 nanti, yang terdiri dari 39 orang, semoga saja nanti Karang Taruna di Kelurahan Kuala Kuayan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar, sesuai dengan harapan masyarakat,” ujar Roby.

 

“Kami akan membantu masyarakat untuk membangun Kelurahan ini, rencana tahun depan akan melaksanakan program penglolaan sampah di Kuala Kuayan, 1 hektar lahan yang sudah kami persiapkan untuk pembuangan sampah,” kata tokoh pemuda ini.

“Hal ini kami lakukan lantaran kebanyakan masyarakat di Kuala Kuayan ini masih membuang sampahnya ke Sungai,   makanya dalam satu tahun belakangan  kami sudah merasakan dampaknya, seperti banjir dan lain sebagainya yang mungkin salah satu factor penyebabnya,” jelas Roby.

“Kami dari Karang Taruna berusaha akan mengubah pola fikir masyarakat agar sampah jangan dibuang sembarangan apalagi dibuang di Sungai, sampah itu akan kami kelola sendiri,” paparnya.

“Ada 24 tong sampah besar yang sudah dipersiapkan Kelurahan, rencananya akan diletakan di titik-titik  tertentu  seperti di pasar-pasar dan tempat keramaian dengan harapan sampah itu dibuang pada tempat yang disediakan,” tambahnya.

Untuk pendukung program ini sudah ada tosa dipersiapkan, kedepan akan direncanakan untuk pengadaan tosa hidrolik.

Jika program ini didukung oleh masyarakat pihak Karang Taruna akan lebih bersemangat lagi, sebagai contoh yang sudah mereka lakukan, seperti pelaksanaan Maulid Nabi, karang Taruna ikut membantu, selanjut kedepan untuk mengahapi Natal dan tahun baru pihaknya juga akan terjun langsung membantu menjaga Gereja-gereja walaupun pihaknya dari Muslim.

Hal ini mereka lakukan guna menjaga kerukunan umat beragama, demi menjaga persatuan dan kesatuan agar jangan terpecah belah, lebih-lebih dalam suasana tahun  politik seperti sekarang ini.

Ditambahkan Roby, terkait anggota Karang Taruna yang terdiri dari anak muda milinial lulusan kuliah maupun lulusan SMA, pihaknya akan memanfaatkan anak muda itu untuk yang lebih fositif dari pada hura-hura mengisi waktu mereka dengan bermain gim dan lain sebagainya.

“Kami selaku  Pemuda karang taruna Kuala Kuayan menghimbau untuk mensukseskan pilkada 9 Desember 2020 agar jangan terpancing dengan berita-berita hoax, isu sara, dan provikatif agar Kantibmas di Kotim selalu Kondusif,” pungkasnya.

[*to-65].

 

Baca Juga: KOMNASPAN Laporkan 4 PBS Yang Melakukan Perambahan Kawasan Hutan di Kotim.