Beranda OLAH RAGA Mesut Ozil Pemain Dengan Harga £ 42,4 juta Hengkang Dari Arsenal

Mesut Ozil Pemain Dengan Harga £ 42,4 juta Hengkang Dari Arsenal

70
OZIL

Mesut Ozil, pesepakbola yang jadi gelandang Arsenal akhirnya memutuskan hengkang dari klub yang membesarkan nanyanya tersebut. Ozil dikabarkan akan bergabung dengan klub Turki Fenerbahce.

Sebelumnya, Mesut Ozil telah tidak dimainkan dalam beberapa kompetisi bersama Arsenal. Banyak pihak menduga, perlakuan klub tersebut terhadap Mesut Ozil dipicu beberapa hal terkait sang bintang yang lantang menyuarakan dukungan terhadap muslim, terutama muslim Uigur.

Beberapa waktu lalu, Mesut Ozil sempat diboikot penggemar Arsenal yang berada di Cina karena cuitannya yang mengkritik kebijakan negara itu terhadap muslim Uighur. Hal itu dianggap merugikan klub. Namun Mesut Ozil tak mundur selangkah pun.

Bintang sepakbola berkebangsaan Jerman itu tetap vokal menggalang donasi dan menyuarakan dukungannya terhadap komunitas muslim yang kerap didiskriminasi.

Mesut Ozil yang membantu Jerman memenangkan Piala Dunia 2014 tetapi akhirnya ‘dipensiunkan’ dari sepak bola internasional pada 2018, karena alasan “rasisme dan rasa tidak hormat” yang dia hadapi di Jerman atas akar Turki-nya.

Dia dikritik setelah difoto dengan presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di sebuah acara London pada Mei, dan Erdogan bahkan menjadi pendamping pengantin pria di pernikahan Mesut Ozil pada Juni 2019.

Setelah memulai 10 pertandingan pertama, setelah penunjukan Arteta pada Desember 2019, Mesut Ozil tidak pernah lagi diturunkan ke lapangan oleh pelatih baru Arsenal itu. Apalagi sejak sepak bola dimulai kembali menyusul gelombang pertama pandemi virus corona pada Juni.

Meskipun Mesut Ozil mengatakan musim panas lalu bahwa dia akan tetap bersama Arsenal “sampai hari terakhir” kontraknya pada Juni 2021, Arsenal meninggalkan Ozil dan tidak menyertakannya dalam tim Liga Europa dan Liga Premier musim ini.

Terkait kepindahannya ke klub Turki, dalam sebuah wawancara dengan saluran televisi Turki NTV pada hari Minggu, Mesut Ozil mengatakan dia “sangat senang, sangat bersemangat” untuk bergabung dengan Fenerbahce dan akan “mengenakan kaus itu dengan bangga”.

Laporan media di Turki awal bulan ini mengklaim Fenerbahce akan menandatangani Mesut Ozil pada Januari 2021.

OZIL

Dan ketika ditanya tentang itu, manajer Arteta mengatakan kepindahan hanya akan terjadi jika itu adalah “solusi terbaik untuk semua orang.”

Mesut Ozil diketahui telah melakukan perjalanan ke Turki pada Ahad (10/1/2021) untuk menjalani pemeriksaan medis dan menyelesaikan kesepakatan dengan klub barunya.

Pemain berusia 32 tahun itu masih memiliki setengah musim tersisa di kontraknya dengan Arsenal, tetapi akhirnya mengucapkan selamat tinggal kepada rekan satu timnya di tempat latihan klub sebelum pergi.

Mesut Ozil tidak bermain untuk Arsenal sejak kemenangan 1-0 atas West Ham pada Maret dan telah dibekukan oleh manajer Mikel Arteta.

Dia bergabung dengan klub dengan harga £ 42,4 juta dari Real Madrid pada 2013 dan membantu mereka memenangkan Piala FA tiga kali.

Ketua Fenerbahce Ali Koc sebelumnya mengatakan bahwa mendatangkan Ozil adalah “mimpi indah”, sempat mengesampingkan kepindahan Mesut Ozil karena alasan “ekonomi”.

Klub yang berbasis di Istanbul itu mengalami masalah keuangan dalam beberapa tahun terakhir dan menyaksikan Istanbul Basaksehir memenangkan gelar liga pertama mereka Juli lalu. Fenerbahce seperti Real Madrid di Spanyol, merupakan klub terbesar di Turki.

(Red)