Beranda Uncategorized Manfaat Tidur Siang Bagi Anak Dan Orang Dewasa

Manfaat Tidur Siang Bagi Anak Dan Orang Dewasa

167
MANFAAT TIDUR SIANG

Tidur siang bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki waktu tidur yang kurang. Selain itu, manfaat tidur siang juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Memiliki waktu tidur dan kualitas tidur yang baik sangat penting untuk kesehatan tubuh. Baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Sehingga apabila Anda masih belum memiliki waktu tidur yang cukup, solusi terbaik yang memang bisa diambil adalah dengan tidur siang.

Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan

Dilansir dari jurnal kesehatan WebMD dalam sebuah penelitian yang berjudul Health Benefits of Napping di tahun 2019, inilah beberapa manfaat dari tidur siang untuk kesehatan:

1. Mampu Meningkatkan Daya Ingat

MANFAAT TIDUR SIANG

Ada penelitian yang mengungkapkan bahwa dengan tidur siang dapat memberikan peran penting untuk otak, khususnya dalam menyimpan ingatan. Biasanya, manfaat tidur siang yang satu ini sangat bermanfaat bagi anak. Misalnya setelah anak pulang dari sekolah di siang hari, lalu mereka tidur siang.

Maka dengan tidur siang ini, si anak pun dapat mengingat banyak hal yang sudah dipelajari sebelumnya pada hari tersebut. Selain itu juga, manfaat tidur siang juga dapat mencegah anak untuk melupakan hal-hal yang penting, seperti misalnya persepsi indera, keterampilan motorik, dan juga ingatan verbal. Jadi, jangan sampai melewatkan tidur siang untuk si kecil ya!

2. Dapat Meningkatkan Kesabaran

manfaat tidur siang

Manfaat tidur siang selanjutnya adalah, bisa menambah kesabaran seseorang. Ada satu penelitian dari Universitas Michigan, Amerika Serikat yang telah melakukan penelitian terhadap beberapa orang tentang hal ini. Penelitian ini meminta orang-orang yang hendak diteliti untuk menggambarkan desain geometris di komputer. Lalu hasilnya adalah, orang-orang yang sebelumnya sudah tidur siang berhasil bertahan mengerjakan tugas tersebut selama 90 menit. Sedangkan untuk orang-orang yang tidak tidur siang, hanya mampu bertahan sekitar 45 menit saja.

3. Peningkatan Kreativitas

manfaat tidur siang

Manfaat tidur siang yang satu ini sepertinya juga sangat bermanfaat untuk anak. Dengan tidur siang, anak akan cenderung lebih kreatif dibanding anak lain yang tidak tidur siang. Hal ini juga berguna untuk orang dewasa, misalnya jika Anda dituntut kreativitas lebih dalam pekerjaan Anda. Sedangkan saat itu kreativitas Anda sedang buntu. Lebih baik Anda sempatkan waktu untuk tidur siang sejenak, setelah bangun Anda akan merasakan lebih segar dan otak menjadi lebih baru lagi.

4. Dapat Meningkatkan Kewaspadaan

Biasanya saat Anda sedang mengerjakan tugas yang sangat berat atau melakukan perjalanan jauh. Biasanya tubuh menjadi lebih lelah, kalau sudah begitu Anda akan sangat mengantuk. Kalau sudah begitu, pasti respon diri akan menjadi lambat. Terdapat studi dari NASA yang menunjukkan bahwa seorang pilot yang sudah tidur siang selama 40 menit, mereka menjadi jauh lebih waspada.

5. Untuk Memperbaiki Suasana Hati

manfaat tidur siang

Seseorang pasti pernah mengalami sedih atau bad mood. Kalau sudah gitu biasanya kita jadi malas. Sebaiknya, cobalah meluangkan waktu untuk tidur sejenak. Dengan tidur siang dapat mencerahkan penampilan Anda. Banyak juga para ahli yang menyatakan bahwa dengan tubuh berbaring atau istirahat sejenak, bisa dijadikan sebagai penambah suasana hati menjadi lebih baik.

Namun, apabila suasana hati tidak bisa diatasi dengan tidur siang dan cenderung berlarut-larut hingga mengarah ke depresi, maka akan sangat dianjurkan bagi Anda untuk segera melakukan konsultasi dengan dokter. Dengan begitu, bisa diberikan penanganan yang tepat terhadap kondisi yang sedang Anda alami.

Itulah beberapa manfaat tidur siang yang baik untuk kesehatan anak-anak maupun orang dewasa.

BACA JUGA : “Mengherankan” Seekor Beruang Memakan Ayam Cuma Hati dan Ampelanya