Beranda Uncategorized Teh Hijau Bermanfaat Hilangkan Jerawat dan 14 Manfaat lain

Teh Hijau Bermanfaat Hilangkan Jerawat dan 14 Manfaat lain

manfaat

Teh Hijau memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, termasuk juga dalam perawatan wajah terutama untuk mengobati jerawat yang sering muncul.

Sebuah penelitian menemukan bahwa kandungan polifenol di dalam teh hijau manfaatnya dapat membantu mengobati jerawat ringan hingga sedang.

manfaat

Jika Anda mencari cara alami untuk membantu mengatasi jerawat, Anda dapat mencoba pengobatan rumahan dengan manfaat teh hijau yang populer ini.

Dikutip dari Style Craze, kita akan membahas bagaimana teh hijau bermanfaat dapat mengobati jerawat. Tetapi kita cari tahu bagaimana teh hijau mampu mengatasinya dengan kandungan yang ada di dalamnya.

Ya, teh hijau dapat membantu anda mengobati jerawat karena manfaatnya sebagai berikut:

Mengurangi Peradangan

Teh hijau kaya akan katekin. Dari empat katekin utama yang diidentifikasi dalam teh hijau, epigallocatechin-3-gallate (EGCG) telah terbukti bermanfaat dalam mengobati jerawat dan bruntusan. Dan bekerja dengan mengurangi peradangan.

EGCG adalah antioksidan kuat dan memiliki sifat imunomodulator dan fotoprotektif. Ia juga memiliki antiangiogenic, artinya, ini mengurangi pertumbuhan pembuluh darah baru yang dibutuhkan oleh tumor dan efek anti-inflamasi.

Mengurangi produksi sebum

Produksi sebum yang berlebihan adalah salah satu penyebab utama timbulnya jerawat. Mengoleskan teh hijau dapat membantu mengurangi sekresi sebum dan mengobati jerawat.

Minum teh hijau juga dapat bermanfaat membantu mengurangi produksi sebum dan mengendalikan jerawat.

Mengurangi jerawat

Polifenol dalam teh hijau adalah antioksidan kuat. Sebuah uji klinis meneliti efek lotion yang mengandung teh hijau pada 47 subjek dengan jerawat ringan sampai sedang. Setelah dua minggu, para peneliti mengamati efek terapeutik pada lesi jerawat.

Menghilangkan bakteri

Salah satu dari empat katekin utama dalam teh hijau, dapat membantu mengurangi jerawat dengan menghambat pertumbuhan bakteri P. acnes.

Jika Anda memiliki jerawat ringan hingga sedang, dapat mencoba menggunakan atau mengonsumsi teh hijau.

Anda bisa menggunakan tree tea oil yang dikenal sebagai pengobatan yang efektif untuk jerawat ringan sampai sedang. Dan memiliki sifat antimikroba yang kuat yang efektif melawan jerawat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Setengah cangkir teh hijau
  • 3-4 tetes minyak esensial tree tea oil
  • Kapas
  • Pembersih wajah
  • Pelembab non komedogenik
  • Handuk

Cara menggunakannya:

  • Seduh teh hijau dan biarkan dingin.
  • Campurkan teh hijau dingin dan minyak pohon teh dan tuangkan ke dalam toples kaca untuk disimpan.
  • Cuci wajah dengan pembersih wajah dan tepuk-tepuk hingga kering dengan handuk.Basahi kapas dengan campuran yang telah disiapkan dan oleskan ke wajah.
  • Biarkan mengering.
  • Kemudian oleskan pelembab.

Mudah bukan cara menggunakan teh hijau untuk mengobati jerawat di rumah, terutama di akhir pekan saat ini.

Teh hijau, sudah lama tersohor sebagai jenis teh yang mengandung banyak khasiat. Penyebabnya adalah karena teh merupakan minuman yang tinggi kandungan zat antioksidan seperti enzim, asam amino, dan polifenol yang bermanfaat untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

manfaat

Selain itu, teh hijau juga mengandung vitamin B, folat, mangan, potassium, magnesium, dan kafein. Untuk mengetahui secara lebih rinci, berikut kami rangkum 14 manfaat lain dari teh hijau, cegah kanker dan cocok untuk diet :

1. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat teh hijau yang pertama adalah dapat menurunkan risiko kanker. teh hijau tinggi akan kandungan zat antioksidan. Hal tersebut memberi manfaat untuk menurunkan risiko berbagai jenis kanker.

Sebab diketahui bahwa kerusakan oksidatif berkontribusi terhadap perkembangan kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, serta kanker usus dan zat antioksidan dalam teh hijau mampu menangkalnya.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat teh hijau yang selanjutnya adalah dapat berguna untuk meningkatkan fungsi otak. Bahan aktif dalam teh hijau yakni kafein berguna untuk mendukung fungsi otak. Sebabnya saat kafein masuk ke dalam otak, maka kafein akan memblokir neurotransmitter penghambat yang disebut dengan Adenosine.

Dengan cara ini, terjadi penembakan neuron dan konsentrasi neurotransmitter seperti dopamine dan norepinefrin. Hasilnya, fungsi otak akan meningkat.

3.  Meningkatkan Kesehatan Oral

Manfaat teh hijau yang berikutnya adalah dapat meningkatkan kesehatan oral. Kandungan katekin dalam teh hijau memberi manfaat teh hijau untuk mendukung kesehatan mulut dan gigi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa zat ini akan membunuh bakteri Streptococcus mutans dalam mulut yang menyebabkan pembentukan plak dan menurunkan risiko gigi berlubang.

4. Dapat Menurunkan Risiko Diabetes

manfaat

Manfaat teh hijau yang selanjutnya adalah dapat menurunkaj risiko diabetes. Diabetes tipe 2 merpakan penyakit yang menjadi epidemi saat ini.

Namun untuk mencegahnya, anda bisa menggunakan teh hijau untuk solusinya. Penelitian di Jepang menunjukkan bahwa mereka yang rajin minum teh hijau memiliki risiko 42% lebih rendah untuk terkena diabetes.

5.  Mengurangi Penyakit Kardiovaskular

Manfaat teh hijau yang dapat anda peroleh yang berikutnya adalah dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Penyakit kardiovaskular termasuk penyakit jantung dan stroke bisa anda cegah dengan memanfaatkan teh hijau.

Sebab, meminum teh hijau akan meningkatkan kapasitas zat antioksidan dalam darah yang kemudian dapat berguna untuk melindungi partikel LDL dari oksidasi.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan di dalam teh hijau secara maksimal, pastikan bahwa kamu menyeduhnya dengan benar serta tidak menambahkan gula ke dalam olahan teh hijau yang akan kamu minum.

6.  Membantu Memobilisasi Lemak dari Sel Lemak

Manfaat teh hijau yang selanjutnya adalah dapat menurunkan berat badan dan memobilisasi lemak yang ada di dalam tubuh. Sebab untuk membakar lemak, hal pertama yang harus terjadi adalah memecah sel lemak untuk kemudian dipindahkan ke aliran darah.

Proses ini bisa kamu dapatkan dari minum teh hijau sebab minuman ini mengandung senyawa EGCG (Epigallocatechin gallate) dan kafein.

7.  Meningkatkan Pembakaran Lemak

Jika anda menginginkan lemak anda mengalami pembakaran dan berkurang secara sempurna terutama pada saat olahraga minumlah teh hijau. Teh hijau mampu meningkatkan jumlah lemak yang dibakar ketika anda sedang olahraga.

Hal ini terlihat dari penelitian yang membuktikan bahwa orang yang minum teh hijau sebelum olahraga membakar 17% lemak lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak minum teh hijau.

8.  Meningkatkan Metabolisme dalam Tubuh

Agar penurunan berat badan berlangsung sukses, maka anda perlu memiliki sistem metabolisme tubuh yang baik. Manfaat teh hijau yang selanjutnya adalah dapat mendukung tubuh anda agar memiliki sistem metabolisme tubuh yang baik. Anda dapat mencapai hal tersebut dengan bantuan teh hijau.

9.   Membuat Konsumsi Kalori Lebih Sedikit

Manfaat teh hijau yang selanjutnya adalah dapat mengurangi nafsu makan anda. Sebabnya adalah salah satu rahasia agar penurunan berat badan anda maksimal adalah dengan cara mengontrol jumlah kalori yang anda konsumsi sehari-hari.

10. Menghilangkan Lemak Abdominal

Lemak abdominal merupakan jenis lemak yang bersarang di bawah kulit dan bersifat berbahaya. Sebab lemak ini berkaitan dengan munculnya peradangan di dalam tubuh, resistensi insulin, dan penyakit jantung.

Manfaat teh hijau untuk menghilangkan lemak abdominal ini telah dibuktikan oleh beberapa penelitian dan hasilnya apabila rutin meminum teh hijau akan berguna untuk membakar lemak secara signifikan.

11.Mempercantik Kulit Wajah

Manfaat teh hijau yang utama untuk kecantikan wajah adalah bisa mempercantik kulit. Sebuah penelitian di tahun 2003 yang dilakukan oleh Medical College of Georgia menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau akan mengeluarkan racun dari kulit, menyembuhkan noda dan bekas luka, mengurangi peradangan, dan bahkan meningkatkan elastisitas kulit.

12. Mengurangi Mata Bengkak dan Lingkaran Hitam

manfaat

Kandungan antioksidan dan tanin memberi manfaat teh hijau untuk mengobati mata yang bengkak dan mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Zat alami ini membantu untuk menyusutkan pembuluh darah di bawah kulit halus di sekitar mata yang gilirannya mampu mengurangi peradangan dan pembengkakan.

13. Mencegah Penuaan

Manfaat teh hijau lain adalah mencegah penuaan dini yang terjadi di kulit. Hal ini disebabkan karena teh hijau mengandung polifenol yang membantu untuk menetralisir radikal bebas berbahaya yang bisa menyebabkan kerusakan signifikan di kulit dan mempercepat terjadinya proses penuaan.

14.Berfungsi sebagai Toner Kulit

Manfaat teh hijau yang terakhir adalah bisa digunakan sebagai toner kulit. The hijau dipercaya mampu menarik kotoran yang tertinggal di kulit, memperkecil pori-pori, dan menghidrasi kulit anda.

(Joe)

Facebook Comments

Iklan Indeks Iklan Indeks1