Beranda OLAH RAGA Wajib Diketahui Standar Ukuran Gawang dan Lapangan Sepakbola

Wajib Diketahui Standar Ukuran Gawang dan Lapangan Sepakbola

54
Ukuran gawang sepakbola standar internasional jadi salah satu hal yang wajib diperhatikan jika ingin memainkan pertandingan secara resmi. Sebab, aturan soal gawang sepakbola ini jadi salah satu hal penting yang wajib diperhatikan.

Berita lainnya: Kantor Pertanahan Bakal Menarik Sertipikat Tanah Asli

Setiap pertandingan resmi yang digelar diketahui harus menggunakan ukuran gawang yang sesuai dengan standar yang ditetapkan Federasi Sepakbola Dunia (FIFA). Ada ukuran paten untuk panjang, lebar, hingga tinggi gawang.

Panjang gawang sepakbola sesuai standar internasional adalah 7,32 meter atau sekira 8 yards. Panjang dari gawang ini berkaitan dengan ukuran lapangan sepakbola yang dipakai. Pengukurannya harus tetap memerhatikan penempatan kanan, kiri, serta posisi tepat di tengah.

Berita lainnya: PBB: Kudeta Myanmar Harus Digagalkan

Kemudian, untuk tinggi gawang dan mistar, FIFA mengeluarkan aturan khusus juga. Tinggi gawang harus berukuran 2,33 meter. Ukuran tiang pada gawang sepakbola diukur dari bagian atas, bawah, serta jarak antara mistar dengan tanah atau permukaan lapangan.

Gawang sendiri biasanya tertanan di tanah. Tetapi, ada juga sejumlah gawang yang terlihat tak tertancap di tanah sehingga bisa digeser ke berbagai tempat.

Setelah panjang dan tinggi, aturan yang perlu diperhatikan soal ukuran gawang sepakbola adalah lebarnya. Lebar gawang yang telah ditetapkan FIFA diukur lewat 2  tiang vertikal dan paralel.

Lebar gawang ini pun terbagi menjadi dua jenis, sesuai dengan usia pemainnya. Untuk dewasa, lebar gawang adalah 7,32 meter. Ukuran untuk pemain yang usianya lebih kecil, tentu saja lebarnya menjadi lebih menciut.

Untuk sepakbola junior, jarak antara tiang adalah 5 meter. Panjang mistar sekira 2 meter dari ketinggian pada gawang 1,5 meter.

Kemudian untuk jaring, FIFA menetapkan bahwa hal itu harus terbuat dari bahan serat plastik. Hal ini bertujuan agar jaring gawang tidak mudah sobek dan tentu saja akan jauh lebih kuat. Terakhir adalah bentuk gawang. Bentuk gawang harus persegi panjang.