Beranda Kabupaten Barito Utara Wakil Presiden Ma’ruf Amin Meresmikan Bandara Haji Muhammad Sidik di Muara Teweh

Wakil Presiden Ma’ruf Amin Meresmikan Bandara Haji Muhammad Sidik di Muara Teweh

56
Wakil Presiden Ma'ruf Amin
Wakil Presiden Ma’ruf Amin meresmikan Bandara Haji Muhammad Sidik di Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, Selasa (30/3/2021).

Dalam sambutannya, Ma’ruf mengatakan pembangunan bandara adalah cara mempersatukan Indonesia melalui konektivitas antar provinsi, kabupaten, dan kota di seluruh Indonesia.

“Pengadaan bandara ini juga sejalan dengan pembangunan lumbung pangan (Food Estate) di Provinsi Kalimantan Tengah yang menjadi program prioritas nasional,” kata Ma’ruf Amin.

20210330 145423 e1617091529311
Foto: Bandara Haji Muhammad Sidik di Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara,

Pembangunan bandara ini memang diharapkan mampu menyangga keberadaan program Food Estate yang dicanangkan pemerintah di Pulang Pisau dan Kapuas.

Selain itu, bandara ini hanya berjarak 2 jam dari lokasi penyangga food estate di daerah Tapen Raya dan Batu Raya, yang memproduksi jagung.

Ma’ruf berharap Bandara Haji Muhammad Sidik dapat dikelola dengan baik, agar mampu memberikan kontribusi positif dalam mendukung pergerakan ekonomi di Kalimantan Tengah.

Apalagi, di sana juga terdapat industri wisata, serta pertambangan batubara dan emas.

Pembangunan bandara ini selesai pada 2019 silam. Total anggaran yang dikucurkan untuk pembangunannya mencapai Rp 412 miliar.

Sejauh ini, bandara baru memiliki dua penerbangan rutin yang beroperasi, yakni Susi Air dan pesawat charter. Ma’ruf pun mendorong agar kerja sama dengan maskapai-maskapai penerbangan dapat dijalin dengan baik.

“Demikian juga dengan layanan kargo, sehingga komoditas produk yang dihasilkan dari Kabupaten Barito Utara dapat didistribusikan ke berbagai wilayah,” kata Ma’ruf Amin.