Aksi Panen Massal di PT AKPL Ini Kata Bupati Kotim

- Advertisement -

Menurut Halikin, saat ini Senin, 11 Desember 2023, Kapolres Kotim AKBP  Sarpani dengan asisten I sedang di lapangan dan sudah ada beberapa kesepakatan antara masyarakat dengan perusahaan yang difasilitasi Pemerintah Daerah.

BACA JUGA   Hadapi Kejuaraan FBIM se-Kalteng, Kotim Targetkan Harus Juara Umum

Halikin berharap, kejadian tersebut tidak terjadi lagi hingga menunggu realisasi plasma 20 persen yang menjadi tuntutan masyarakat.

Begitu juga pihak perusahaan agar bekerja sama dan tidak melihat permasalahan ini satu sisi saja, sehingga kebersamaan masyarakat dengan perusahaan tetap terjaga.

“Itu yang utama supaya perusahaan memperhatikan kesejahteraan masyarakat salah satunya dengan memberikan plasma,” ujar Halikin SSenin 11 Desember 2023,

BACA JUGA   Ketua Fraksi PKB Dukung Ketua BK DPRD Kotim Tindak Tegas Anggota DPRD Yang Tidak Aktif

Lanjutnya, memang ada ketentuan pada HGU bahwa perusahaan harus memberikan 20 persen plasma sebelum tahun 2027. Tetapi tidak ada salahnya pihaknya bernegosiasi agar perusahaan setuju sehingga tidak ada penjarahan lagi.

“Penjarahan itu dimulai di Seruyan bukan daerah kita tapi merambah masuk ke Kotim itu yang perlu kita jaga bersama,” pungkasnya.

Untuk diketahui bahwa sebelumnya, ratusan warga di Desa Kuala kuayan, Kecamatan Menyata Hulu diduga melakukan panen massal di areal perkebunan kelapa sawit milik PT Agro Karya Prima Lestari (AKPL). Aksi tersebut terekam video dan dibagikan melalui jejaring sosial, demikian.(Red)

BACA JUGA   Selama 3 bulan Buron Polsek Baamang Berhasil Bekuk Spesialis Pencuri Rumah Kosong
- Advertisement -
Iklan
- Advertisement -
- Advertisement -
Related News