Iklan
Iklan

Buah Nanas Tidak Bisa Mencegah Kehamilan, Ini Faktanya

- Advertisement -Iklan
Apakah Buah Nanas bisa mencegah kehamilan?.  Untuk menjawab pertanyaan tersebut, silahkan anda menyimak faktanya berikut ini.

Mitos tentang apakah Buah Nanas bisa mencegah kehamilan kerap dipertanyakan oleh pasangan yang belum siap memiliki anak.

Pasalnya, Buah Nanas dipercaya oleh sebagian masyarakat sebagai buah yang dapat menggagalkan kehamilan. Namun, apa fakta sebenarnya?

BACA JUGA   Wah! Sampah Berserakan di Jalan Cempaka Buang, TPA Tidak Dipungsikan

Artikel ini dikutif serta dilansir dari alodokter.com, dalam artikel ini menjelaskan fakta yang sebenarnya sebagaimana penjelasan sebagai berikut:

Buah nanas, terutama nanas muda, dipercaya bisa mencegah kehamilan. Buah Nanas dianggap mengandung zat yang dapat menghambat terjadinya pembuahan antara sel sperma dan sel telur di dalam rahim, sehingga kehamilan tidak terjadi.

Kepercayaan ini juga membuat wanita yang mendambakan momongan dan mengharapkan terjadinya kehamilan, menghindari konsumsi nanas muda karena khawatir tidak kunjung hamil. Jadi, apakah benar nanas bisa mencegah kehamilan?

BACA JUGA   Opini: Petualang Jurnalis Tahun 2024, Bangun Jaringan dan Kerjasama dengan Penegak Hukum
Fakta di Balik Pertanyaan Apakah Nanas Bisa Mencegah Kehamilan

Hingga saat ini, belum ada penelitian ilmiah yang mampu membuktikan bahwa nanas dapat mencegah kehamilan. Oleh karena itu, cara ini dianggap tidak efektif untuk mencegah kehamilan, terutama bagi pasangan yang tidak ingin memiliki anak tetapi sudah aktif berhubungan intim.

Nanas memang mengandung bromelain yang dapat menyebabkan keluhan kram perut dan sering disalahartikan sebagai gejala menstruasi. Hal inilah yang membuat masyarakat percaya bahwa nanas bisa mencegah kehamilan.

Nanas justru baik dikonsumsi bagi wanita yang sedang mempersiapkan kehamilan karena dapat menjadi sumber folat yang baik. Folat harus diminum setidaknya 400 mcg setiap hari sebelum hamil hingga usia kehamilan 12 minggu.

BACA JUGA   Opini: Anda Harus Tahu untuk Kesehatan Angka Medis Normal dalam Kehidupan Manusia
Cara Mencegah Kehamilan Selain Makan Nanas

Dibandingkan hanya mengandalkan konsumsi nanas, ada cara mencegah kehamilan yang diketahui lebih efektif, yaitu:

Kondom

Kondom dapat digunakan baik oleh pria maupun wanita. Alat kontrasepsi ini biasanya terbuat dari bahan lateks dan mampu mencegah sperma masuk ke dalam vagina. Selain mencegah kehamilan, kondom juga berfungsi untuk mencegah infeksi menular seksual.

Pil KB

Pil KB merupakan salah satu cara mencegah kehamilan yang berisi hormon kewanitaan. Pil ini bekerja dengan cara mencegah pelepasan sel telur (ovulasi) dan mengentalkan lendir di serviks, sehingga sperma sulit membuahi sel telur. Pil KB umumnya diminum setiap hari dengan petunjuk dokter.

BACA JUGA   Tajuk: Dilema Galian-C Illegal di Kotim, Ketika Hukum Berbicara

KB spiral

IUD atau disebut juga KB spiral merupakan alat kontrasepsi kecil berbentuk T yang dimasukkan ke dalam rahim. IUD bekerja dengan cara menghambat pergerakan sperma menuju rahim guna mencegah pembuahan dan terjadinya kehamilan.

Cara lain untuk mencegah kehamilan adalah dengan mengeluarkan penis sebelum ejakulasi, menghitung tanggal ovulasi, memakai KB implan, maupun mengonsumsi pil kontrasepsi darurat.

Komunikasikan dengan pasangan cara mencegah kehamilan mana yang paling cocok digunakan sesuai kebutuhan dan kondisi kesehatan Anda, karena setiap cara memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

BACA JUGA   Tajuk: Supremasi Hukum Harus Ditegakan, PBS Nakal Segera Ditindak Tegas!

Jadi, bisa disimpulkan bahwa nanas tidak dapat mencegah kehamilan. Buah Nanas justru baik dikonsumsi calon ibu yang sedang mempersiapkan kehamilan karena kandungan folatnya.

Nanas juga dapat dikonsumsi saat hamil pada usia trimester akhir untuk membantu proses persalinan.

Kebenaran nanas dapat mencegah kehamilan belum terbukti secara ilmiah.

Sebaiknya pasangan yang belum ingin memiliki anak tetapi sudah aktif berhubungan intim menggunakan cara mencegah kehamilan yang sudah terbukti efektivitasnya.
Daripada mengandalkan makan nanas saja untuk mencegah kehamilan, Anda lebih baik berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui cara mencegah kehamilan yang paling tepat.

Sumber/Referensi: Terakhir diperbarui: 9 Februari 2023

Ditinjau oleh: dr. Airindya Bella.

BACA JUGA   Tajuk: PP No 38 Tahun 2011 Tentang Sungai Diabaikan PT Task-3, APH Harus Bertindak

 

- Advertisement -Iklan
Iklan
- Advertisement -
- Advertisement -
Related News