Iklan
Iklan

Dadang: Bantuan Pendidikan Melalui Perda Harus Tepat Sasaran

- Advertisement -Iklan
Bantuan Pendidikan melalui Perda harus dapat dan tepat sasaran. Sebagaimana yang diharapkan Dadang Siswanto, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kotawaringin Timur (Kotim).

Tugas satuan pendidikan nanti untuk bisa menginventarisir mana siswa atau mahasiswa yang memang betul dan layak mendapatkan bantuan itu,” ujarnya, Sabtu, 21 Januari 2023.

Dadang menyebut, terdapat 2 mekanisme penyaluran bantuan yang tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) bantuan pendidikan.

BACA JUGA   Kualitas Pekerjaan Proyek APBD Harus di Prioritaskan

Bantuan tersebut dapat disalurkan secara langsung kepada penerima manfaat dan dapat pula disalurkan melalui satuan pendidikan.

Apabila bantuan disalurkan secara langsung kepada penerima manfaat, tugas satuan pendidikan ialah memastikan kembali apakah bantuan telah digunakan sebagaimana mestinya.

“Apakah benar-benar dimanfaatkan untuk kegiatan pendidikan Ada yang ditukar rokok, motor, HP intinya tidak masuk ke dalam kelompok yang harus mereka gunakan sebaik-baiknya,” katanya.

BACA JUGA   Komisi I DPRD Kotim Menanggapi Pemortalan di PT MJSP

Legislator Kotim ini juga menambahkan, apabila disalurkan kepada satuan pendidikan secara otomatis hanya dapat digunakan untuk kepentingan pendidikan. Karena dana tidak bisa ditarik oleh penerima manfaat.

“Makanya kemarin ada dua konsep. Kalau gerbang mentaya langsung tapi harus dicek kalau satuan pendidikan kan otomatis hanya dapat digunakan untuk kepentingan pendidikan itu,” jelasnya.

Perda bantuan pendidikan telah disahkan dan sedang menunggu peraturan-peraturan pendukung dalam hal ini Peraturan Bupati. Dadang menyebut, apabila Perbup telah selesai, maka Perda ini akan diluncurkan pada perubahan anggaran tahun ini, demikian.

BACA JUGA   Kondisi Hutan di Kabupaten Kotim Semakin Berkurang
- Advertisement -Iklan
Iklan
- Advertisement -
- Advertisement -
Related News