Disdik Seruyan Hilangkan Tes Calistung dari Proses PPDB

- Advertisement -
Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Seruyan menghilangkan Tes Calistung atau tes kemampuan membaca, menulis dan berhitung dari proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Sebagaimana yang disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Seruyan, Rusdi Hidayat baru-baru ini.

Dia mengingatkan kepada seluruh sekolah di jenjang pendidikan dasar (SD/MI) untuk menghilangkan  atau menghapus tes calistung dari proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tersebut.

BACA JUGA   UMKM Milinial Harus Ikut Andil Pada Perayaan HUT Seruyan ke-20

Menurutnya, “Dalam penerimaan peserta didik baru jenjang pendidikan dasar, tidak ada lagi diterapkan tes kemampuan membaca, menulis, dan berhitung, atau bentuk tes lainnya,” ujarnya, Senin, 6 Mei 2024.

Lanjutnya, transisi PAUD ke SD yang menyenangkan merupakan inisiatif bersama yang bertujuan untuk memfasilitasi transisi peserta didik dari tingkat PAUD ke tingkat SD/MI/sederajat dengan cara yang menyenangkan.

Ketika calistung tidak lagi wajib diberikan di jenjang PAUD, diharapkan bapak ibu guru sekolah dasar kelas rendah agar bisa berjiwa besar dan berlapang dada menerima keadaan siswa dengan segala kemampuannya, karena pembelajaran membaca, menulis berhitung akan berproses di kelas rendah sekolah dasar.

BACA JUGA   Aniaya Orang, Jadi Buronan, Tersangka ditangkap di Balik Papan Kaltim

Dalam rangka mensukseskan Gerakan Transisi PAUD ke SD, Dinas Pendidikan Kabupaten Seruyan telah mengeluarkan surat edaran tentang Penguatan Transisi Pendidikan Anak Usia Dini ke Sekolah Dasar Kelas Awal.

Kadisdik ini juga mengajak untuk bersinergi dalam menyukseskan Gerakan Transisi PAUD ke SD, dengan menanamkan sejak dini kepada anak bahwa belajar adalah aktivitas yang menyenangkan bukan menakutkan, demikian (AH).

BACA JUGA   Yulhaidir: Tegaskan PT Tapian Nadengan Terancam Harus Ditutup
- Advertisement -
Iklan
- Advertisement -
- Advertisement -
Related News