Iklan
Iklan

Faktor Kelalaian Pemilik, Permudah 3 Pelaku Curanmor Berhasil Beraksi

- Advertisement -Iklan
Faktor kelalaian pemilik kendaraan sangat mempermudah para pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) untuk melancarkan aksinya. Seperti kunci kontaknya lupa dicabut dan masih terpasang di motor sudah ditinggalkan.

Sebagaimana yang disampaikan Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono saat menggelar pressrilis kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang digelar di Polsek Arut Selatan (Arsel), faktor kelalian pemiliklah yang mempermudah pelaku beraksi, Jumat, 11 Maret 2022.

Kapolres menyebutkan bahwa 3 dari 4 motor yang menjadi sasaran para pelaku curanmor tersebut, bisa diambil pelaku dengan sangat mudah. Karena, menurut Kapolres, berdasarkan pengakuan pelaku, mereka dengan mudah mengambil motor tersebut lantaran kunci kontaknya masih terpasang di motor.

BACA JUGA   Opini: Parah ! Galian C Ilegal di Sampit Disinyalir Dibekingi Oknum Tertentu

“Hanya 1 motor yang dicuri para pelaku menggunakan kunci T. Sehingga faktor kelalaian pemilik kendaraan tersebut, mempermudah para pelaku melancarkan aksinya,” jelas Kapolres.

Menurut Kapolres, diperlukan kewaspadaan para pemilik kendaraan agar tidak meninggalkan kendaraan yang di parkir di suatu tempat agar tidak menjadi korban para pelaku kejahatan.

“Meskipun berbagai cara bisa digunakan para pelaku kejahatan untuk mencuri kendaraan, namun setidaknya dengan mengunci setang dan tidak meninggalkan kunci kontak para kendaraannya akan mempersulit upaya pelaku kejahatan untuk mencuri kendaran tersebut. Harapannya aksi mereka bisa digagalkan karena mengalami kesulitan mencurinya,” jelas Kapolres.

BACA JUGA   Siswi SMA Nyaris Diperkosa Pria Bejat 25 Tahun di Parenggean

Lanjut Kapolres, faktor kelalaian ini perlu guna mencegah terjadinya tindak pidana pencurian yang biasanya marak jelang bulan puasa, pihaknya juga lebih meningkatkan upaya preemtif dan preventif.

“Upaya preemtif berbentuk sosialisasi, imbauan di medsos agar lebih waspada mengamankan barang milik individu, serta upaya preventif dengan mengencarkan patroli. Tujuannya bukan hanya mencegah terjadinya curanmor saja. Namun secara luas untuk mencegah terjadinya tindak pidana lainya,” jelas Kapolres. [Red]

BACA JUGA   Kabaharkam Polri Kunjungi Perusahaan Pembuatan Alat Keamanan dan Keselamatan

Facebook Comments

- Advertisement -Iklan
Iklan
- Advertisement -
- Advertisement -
Related News