Opini: Petualang Jurnalis Tahun 2024, Bangun Jaringan dan Kerjasama dengan Penegak Hukum

- Advertisement -
Petualang Jurnalis di tahun 2024 ini akan membangun jaringan dan Kerjasama dengan penegak hukum baik hukum posif dan hukum adat dan instansi terkait lainnya dari tingkat bawah hingga tingkat atas.

Hal ini dilakukan agar tugas jurnalis atau wartawan yang diemban berjalan sebagaimana mestinya, tentunya tetap berpedoman dengan UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers dan menjunjung tinggi kode etik jurnalistik.

Jika hal ini terbangun dengan baik maka petualang jurnalis akan lebih berani dan berhati-hati lagi untuk mengungkap, melaporkan dan memberitakan berbagai kasus perbuatan melawan hukum yang terjadi baik di Desa/Kabupaten/Kota maupun di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

BACA JUGA   Keji ! Anak Buah Berhasil Rampok Bosnya Sendiri

Perbuatan melawan hukum yang dimaksud antara lain sebagai berikut:

  1. Praktek perbuatan pengrusak lingkungan dan hutan;
  2. Praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN);
  3. Praktek Penyalahgunaan Narkotika;
  4. Praktek Penyalahgunaan BBM dan
  5. Segala macam bentuk praktek perjudian
BACA JUGA   Kapolres Barsel Lama Laporkan Pertanggungjawaban Dan Sertijab Kepada Kapolres Baru.

Hal ini dilakukan agar supremasi hukum di wilayah Kalteng ini bisa berjalan sebagaimana yang diharapkan, jangan sampai hukum tajam kebawah dan tumpul ke atas dan ini warning bagi para pelaku kejahatan yang merugikan rakyat bangsa dan negara.

Jika ditemukan perbuatan melawan hukum sebagaimana tersebut di atas Petualang Jurnalis akan lebih sering menyurati: Kapolri, Kejagung, Mahkamah Agung, Kementerian terkait, serta Kapolda, Kapolres dan Kejati maupun Kejari setempat.

Namun Petualang Jurnalis juga akan membantu memberitakan keberhasilan pemerintah dan selalu mengkritik membangun secara tajam jika ditemukan kejanggalan-kejanggalan agar ada perbaikan kedepannya.

BACA JUGA   PT BSK Wilmar Group Lahan Trans warga Desa Sumber Makmur, DPRD RDP 14 Februari 2021

Dengan satu prinsif jika yang bersangkutan atau pelaku kejahatan melakukan perbuatan melawan hukum masih bisa dibina maka binalah, namun jika tidak bisa lagi di bina maka binasakan dengan cara laporkan kejahatan tersebut kepada pihak yang berwenang.

Memasuki tahun baru ini pula petualang Jurnalis mengucapkan Selamat Tinggal Desember 2023, dan Selamat Datang Januari 2024.

Dengan harapan semoga tahun 2024 ini lebih baik dari tahun sebelumnya, dimudahkan segalan urusan dan keinginan segera terwujud, diberikan kesehatan serta rejeki yang melimpah, Aamin yra, demikian.

Penulis : Misnato (Petualang Jurnalis).

BACA JUGA   Kaur Keuangan Desa dan Mantan P3MD Kecamatan, Ditahan Lantaran Menyalahgunakan APBDes
- Advertisement -
Iklan
- Advertisement -
- Advertisement -
Related News