Peristiwa Menjijikan!, Kotoran Manusia Jatuh dari Pesawat, Ini Ceritanya

- Advertisement -
Peristiwa langka dan menjijikan telah terjadi di Inggris pada pertengahan Juli 2021 lalu, kotoran manusia jatuh dari pesawat terbang, menimpa seorang warga.

Peristiwa menjijikan ini baru terungkap setelah seorang pria dari Berkshire, di sebelah barat kota London menceriterakan peristiwa yang dialaminya, kemudian diungkap dalam pertemuan dewan kota setempat.

Kronologis kejadian atau peristiwa ini, berawal dari kebiasaan orang-orang Inggris terkenal dengan obsesi mereka pada cuaca, sebagaimana yang dialami seorang pria dari Berkshire, di sebelah barat kota London ini, dikutif dari Kompas.com.

BACA JUGA   Menlu Indonesia Telepon Menlu Palestina Sampaikan Dukungan Penuh RI

Ia punya alasan tersendiri karena merasa gelisah tentang langit di atasnya, ketika itu Ia sedang bersantai di pekarangan rumahnya ketika peristiwa  dihujani oleh kotoran manusia yang jatuh dari pesawat terbang.

Anggota dewan kota Karen Davies mengatakan kepada forum penerbangan The Royal Borough Of Windsor & Maidenhead bahwa ia dihubungi oleh seorang konstituen dan merasa “ngeri” ketika mendengar tentang insiden “menjijikkan” itu.

Ia menceritakan bagaimana “seluruh pekarangan, dan payung taman, dan ia sendiri semuanya dilumuri” dengan kotoran manusia.

Jadi bagaimana ini bisa terjadi, dan apakah kita semua perlu mengawasi langit dengan hati-hati?

Untuk diketahui bahwa pria itu tinggal di Windsor, kota yang terkenal dengan kastil milik Ratu Inggris, tetapi juga dekat dengan bandara Heathrow, yang terbesar dari lima bandara di kota London.

“Saya tahu sejumlah insiden jatuhnya limbah beku dari pesawat terjadi setiap tahun,” kata Davies.

“Tapi ini tidak beku dan seluruh pekarangan warga itu kehujanan dengan cara yang sangat tidak menyenangkan.”

“Ia sedang berada di kebun saat itu terjadi, sungguh pengalaman yang sangat menjijikkan. Mudah-mudahan itu tidak terjadi lagi pada warga kami,” imbuhnya.

Anggota dewan lainnya, John Bowden, menyebut peluang kejadian seperti itu “satu banding semiliar”.

Ia menduga cuaca yang hangat menyebabkan limbah kotoran “keluar dalam bentuk yang lebih cair'”. Bagaimana ini bisa terjadi?

Toilet pesawat menyimpan kotoran manusia dalam tangki khusus, yang biasanya dikosongkan setelah pesawat mendarat.

Tetapi otoritas penerbangan internasional mengakui bahwa kebocoran toilet dapat terjadi di udara.

BBC Radio Berkshire berbicara dengan pengamat penerbangan Julian Bray tentang bagaimana kebocoran limbah seperti itu bisa terjadi.

“Pesawat modern memiliki toilet vakum, sehingga mereka cukup aman dan tersegel dengan cukup baik. Masalahnya adalah persimpangan vakum antara mekanisme toilet dan tangki penyimpanan,” kata Bray.

Tapi segelnya memang tidak 100 persen ketat karena harus ada sedikit ruang gerak, lantaran pesawat akan melalui berbagai level tekanan. Apa yang tampaknya terjadi di sini adalah bahwa ketika pesawat hendak mendarat, katakanlah ketika mencapai ketinggian enam ribu kaki (1.800 m), terjadi perubahan tekanan.

Segel tersebut bocor; dan sayangnya pria yang sedang di pekarangan ini – beserta dua payungnya – dihujani oleh kotoran.

Bagaimana Sistem Sanitasi Pesawat? Seberapa sering ini terjadi? “Untungnya ini adalah kejadian yang sangat langka. Ini cukup sering terjadi di masa lalu dan benda yang disebut “es biru” kerap jatuh dari pesawat,” kata Bray.

Disebut es biru karena benda itu adalah campuran urin dan desinfektan, ia menjelaskan. “Itu kerap terjadi – tidak terlalu sering, tetapi pernah terjadi. (Limbah toilet pesawat) jatuh dalam bentuk semacam gumpalan es. Sangat tidak menyenangkan,” imbuhnya.

Otoritas Penerbangan Sipil Inggris mengatakan kepada BBC pada tahun 2016 bahwa sekitar 25 insiden jatuhnya “es biru” dilaporkan setiap tahun dari 2,5 juta penerbangan di wilayah udara Inggris, tetapi ini tentu saja, terjadi di mana-mana.

Insiden internasional mereka yang merasakan akibat dari kebocoran tangki limbah pesawat termasuk beberapa pengunjung pesta yang sedang sial di negara bagian Pennsylvania, Ameria Serikat.

Joe Cambray dari Levittown mengatakan kepada stasiun TV lokal bahwa pesta ulang tahun ke-16 putrinya menjadi kacau ketika sesuatu  peristiwa yang menjijikkan menghujani para hadirin.

Untungnya, kanopi yang mereka pasang untuk pesta melindungi sebagian besar tamu dari hujan kotoran ini.

Bola es yang jatuh di sebuah desa di negara bagian Haryana, India utara pada Januari 2018 juga diduga merupakan kotoran manusia beku yang bocor dari pesawat terbang.

Bongkahan es seberat 10-12 kg itu jatuh di desa Fazilpur Badli dengan “bunyi gedebuk besar”.

Seorang pejabat pemerintahan setempat mengatakan kepada BBC bahwa beberapa peristiwa yang menimpa penduduk desa sempat mengira yang jatuh adalah obyek “dari luar angkasa”.

“Saya dengar mereka sampai mengambil sampel dan membawanya ke rumah,” katanya.

Surat kabar Times of India melaporkan bahwa seorang perempuan berusia 60 tahun kejatuhan balok es biru seukuran bola sepak pada Desember 2015. Di India, seperti di banyak negara lain di seluruh dunia, kejatuhan kotoran burung dianggap sebagai tanda keberuntungan.

Namun, peristiwa seperti dialami perempuan India yang malang itu, tidak ada keberuntungan ketika Anda kejatuhan jenis kotoran yang lain. Perempuan itu mengalami cedera bahu yang parah, namun saksi mata berkata nyawanya selamat hanya karena bola es itu sempat menghantam atap rumah sebelum mengenainya.

[*to-65].

BACA JUGA   Lithuania Minta Warganya Buang Ponsel Merk China karena Ditanami Fitur Sensor Konten
- Advertisement -
Iklan
- Advertisement -
- Advertisement -
Related News