Beranda DAERAH Kabupaten Kotawaringin Barat Seni Budaya Batirik dan Mamanda Menarik Perhatian Bupati Kotim

Seni Budaya Batirik dan Mamanda Menarik Perhatian Bupati Kotim

Seni Budaya
Bupati Kotim Halikinnor
Bupati Kotim (Kotawaringin Timur) Halikinnor sangat peduli terhadap kearipan lokal dibidang Seni Budaya yakni Seni Batirik dan Mamanda.

Informasi yang berhasil diperoleh bahwa Bupati Kotim berencana untuk menginventarisir semua seni Budaya yang merupakan kesenian daerah.

Upaya melestarikan Seni Budaya atau  kesenian dan kebudayaan daerah ini merupakan dukungan pemerintah daerah Kotim dalam pengembangan dan pelestarian seni, budaya serta aset pariwisata daerah.

BACA JUGA   Kedatangan 16 PAMA-PAG Disambut Kapolres Kobar Dengan Tradisi

Sebagian besar seni dan tarian daerah saat ini jarang sekali ditampilkan sehingga banyak generasi muda tidak mengetahuinya. Kebanyakan tarian yang ditampilkan adalah tarian kreasi

Seni dan tarian daerah di Kotim tentunya sangat beragam, baik seni atau tarian pesisir maupun pedalaman, seperti batirik, badeder, bamanda, karungut, babukung, serta tarian pesisir maupun tarian pedalaman lainnya.

Diantara ragam seni dan tarian daerah yang hampir tak terdengar lagi adalah seni batirik dan teater mamanda.

BACA JUGA   Festival Dayak Pumpung Hai Berhasil Dibuka 27 Juli 2022

“Saya berencana dan ingin menginventarisir kesenian tradisional khas daerah. Seperti Tarian Batirik dan Teater Mamanda. Dua itu jika dipertahankan dan dilestarikan maka sudah luar biasa,” kata Halikinnor, Jumat 11 Februari 2022 saat ditemui di rumah jabatannya.

Hal itu diinginkannya agar kesenian daerah tetap terjada dan lestari. Sehingga generasi yang akan datang masih bisa melihat dan menikmati kesenian tradisional.

“Jangan sampai anak cucu kita yang akan datang nanti tidak tahu dengan kesenian daerah. Karena di makan oleh zaman yang kian cepat,” bebernya

Dirinya berharap hal itu bisa segera terlaksana, namun saat ini pandemi Covid-19 menjadi salah satu halangan yang mengakibatkan berbagai rencana pembangunan terhalang.

[*to-65]

BACA JUGA   Kabag Ops Polres Kobar Berikan Pembekalan Pengamanan TPS
Artikulli paraprakDisdik Diminta Evaluasi Kegiatan di Sekolah, Rentan Kluster Baru Covid-19
Artikulli tjetërMaraknya Peredaran Narkoba di Kotim, Legislator Mengaku Prihatin