Iklan
Iklan

Validasi NIK dan Data Kependudukan Secara Online di Kota Palangka Raya

- Advertisement -Iklan
Validasi NIK dan data kependudukan kini kenjadi perhatian dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Palangka Raya. Karena hal ini sering terjadi permasalahan, dimana seseorang mendapati bahwa Nomor Induk Kependudukannya (NIK) tidak valid/tidak terdaftar.

Validasi NIK itu perlu dilakukan, karena sangat penting untuk keperluan administrasi BPJS, BPN, Perbankan, Prakerja bahkan untuk program Peduli Lindungi atau Vaksinasi Covid-19.

Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palangka Raya, Drs. Supriyanto mengatakan ada beberapa sebab yang menyebabkan hal tersebut terjadi yakni adanya persoalan dalam sistem pencatatan atau human error atau adanya kesalahan/kekeliruan dalam memasukan NIK.

Tentu masyarakat sangat dirugikan karena tidak dapat mengakses fasilitas pelayanan publik, untuk mengatasi permasalahan tersebut ada dua cara yang dapat ditempuh yaitu pertama melapor ke Disdukcapil dan yang kedua melapor secara online, kata Supriyanto.

Namun dengan mempertimbangkan kondisi masih merebaknya Pandemi Covid-19 maka pihaknya berinisiatif membuat sistem pelayanan berupa Validasi NIK dan Data secara Online yang meskipun masih sederhana namun diharapkan dapat membantu masyarakat tanpa perlu datang jauh-jauh ke Dinas Dukcapil, adapun aplikasi ini berupa tautan yang terdapat di Website Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palangka Raya; lantas bagaimana cara mengaksesnya?

Menurut Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan SDM ini cara aksesnya sangat mudah, masyarakat cukup membuka Website Disdukcapil Kota Palangka Raya dengan cara klik https://disdukcapil.palangkaraya.go.id setelah di halaman utama silahkan klik widget Validasi NIK dan Data Kependudukan Kota Palangka Raya lalu isi form yang sudah tersedia namun wajib menyertakan alamat e-mail yang valid, karena konfirmasi validasi dari Disdukcapil akan dikirimkan via e-mail.

“Untuk kedepannya fasilitas Validasi Online ini akan terus kami kembangkan dan tidak hanya itu kami juga akan mempersiapkan aplikasi Antrian Online yang merupakan karya dari Staf Disdukcapil Kota Palangka Raya yang tentunya wajib kami dukung dan support demi memberikan kebahagiaan dan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kota Cantik Palangka Raya yang kita cintai ini,” katanya.

BACA JUGA   Tim Recue Berhasil Evakuasi Ular Piton Besar Pemangsa Ayam Warga

Sumber: MC Kota Palangka Raya

Facebook Comments

- Advertisement -Iklan
Iklan
- Advertisement -
- Advertisement -
Related News