34 Kasus Karhutla di Kota Palangka Raya Hingga Juni 2023

- Advertisement -
Sebanyak 34 kasus Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) hingga bulan Juni 20233 melanda Wilayah Kota Palangka Raya dan sekitarnya karena mulai memasuki usim kemarau dengan cuaca panas ekstrem.

Sebagaimana yang disampaikan Kepala BPBD Kota Palangka Raya, Emi Abriyani. Ia mencatatkan hingga 11 Juni 2023, ada 34 kasus Karhutla yang terjadi dengan luas diperkirakan mencapai 22.64 hektare.

Menurut Emi, meski wilayah Kota Palangka Raya kadang terjadi hujan, namun akibat cuaca panas ekstrem ini lahan gambut cepat mengering dan hal inilah yang memicu terjadinya Karhutla.

BACA JUGA   RSUD Kota Palangka Raya Mulai Layani Perawatan Pasien Covid-19

“Seperti kejadian Karhutla di Karanggan ujung beberapa waktu lalu, padahal sebelumnya api sudah berhasil kami padamkan, namun akibat cuaca panas yang ekstrem api kembali muncul lagi,” kata Emi ketika di wawancarai awak media di ruang kerjanya, Senin (12/6/2023).

Dikatakan Emi, untuk penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan di lapangan sendiri, pihaknya telah melakukan koordinasi serta bersinergi baik dengan relawan dan tim dari provinsi. Sehingga jika ada laporan kejadian Karhutla tim akan segera melakukan penanganan.

Emi menyebutkan, musim kemarau dengan suhu kering dimanfaatkan sejumlah oknum untuk membuka lahan dengan cara dibakar, hal inilah yang sering memicu terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan di samping karena faktor alam.

BACA JUGA   Kapolresta Palangka Raya Dampingi Kapolda Kalteng Lakukan Pengecekan Pos Penyekatan

“Oleh sebab itu, saya mengimbau kepada warga Kota Palangka Raya terlebih bagi para petani agar tetap bersabar untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Karena, jika terjadi kebakaran hutan dan lahan dampaknya sangat merugikan, tidak hanya merusak ekosistem alam tetapi juga berdampak buruk bagi manusia,” tutup Emi.

Sumber: (MC. Kota Palangka Raya/Nitra/ndk)

BACA JUGA   Sidak, Temukan Pangkalan Jual Elpiji 3kg Tidak sesuai HET
- Advertisement -
Iklan
- Advertisement -
- Advertisement -
Related News