4 Toko di PPM Sampit Dibobol Maling Ini Komentar Dewan

- Advertisement -
SAMPIT – kalteng.indeksnews.com – Sebanyak 4 toko di PPM Sampit di bobol maling menimbulkan rasa kekecewaan bagi pemilik toko terhadap kinerja pihak pengamanan yang bertugas jaga di pasar tersebut.

Peristiwa pembobolan 4 toko dan pencurian di pasar PPM Sampit itu terjadi pada Rabu 18 September 2024 dini hari, yang merupakan kejadian yang kesekian kalinya terjadi, sehingga pemilik toko selalu was-was, akibat keamanan tidak terjamin.

Menurut beberapa pemilik toko, ada empat toko yang kena dampaknya kali ini. Salah satunya adalah toko handphone, di mana dua unit HP bekas milik pelanggan hilang dicuri dengan total kerugian sekitar Rp1.500.000.

BACA JUGA   Sekolah Swasta di Kotim Harus Dibina
IMG 20230302 WA0008
SP LUmban Gaol, Anggota DPRD Kotim, periode 2024-2029

Pemilik toko merasa kecewa karena meski mereka rutin membayar biaya keamanan sebesar Rp10.000 per toko setiap minggu, pencurian tetap saja terjadi.

Walaupun pasar dijaga oleh petugas keamanan setiap malam, para pedagang berharap ada langkah yang lebih serius untuk meningkatkan pengamanan. Mereka sangat berharap insiden serupa tidak terulangl agi di masa mendatang.

Meski begitu, pemilik toko yang dirugikan memilih untuk tidak melaporkan kejadian ini kepada pihak berwajib.

BACA JUGA   Dadang: Tunjangan Tambahan Penghasilan Pegawai Harus Dibayar Tepat Waktu

Menyikapai insiden tersebut Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotawaringin Timur (Kotim) SP LUmban Gaol angkat bicara.

Legislator ini meminta kepada pemerintah daerah khususnya yang membidangi pasar PPM Sampit untuk segera mengevaluasi pengamanan di lokasi pasar PPM tersebut, baik dari sisi personil yang jaga disana, dan juga mengevaluasi lokasi pasar secara menyeluruh.

“Misalnya apakah konsisi fisik bangunan atau pintu-pintu toko disana tidak baik lagi dan juga jalur keluar masuk yang seharusnya memiliki pintu yang bisa dibuka tutup,” ujar Lumban Gaol, Rabu (18/09/2024).

BACA JUGA   Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kotim RPJMD Kotim Sesuai Dengan Program Nasional

“Selain itu juga perlu dibuatkan kamera pantau atau CCTV sehingga bisa dimonitor secara berkala situasi dan kondisi area yang ada,” pintanya.

“Disana juga perlu ditertibkan siapa saja yang masih boleh bertahan di dalam area setelah jam malam, sehingga keamanan dan kenyamanan pemilik toko dan usaha disana merasa terjamin,” demikian pungkasnya.

BACA JUGA   Juliansyah: Gerindra Pastikan Raih 6 Kursi DPRD Kotim Pada Pemilu 2024
- Advertisement -
Iklan
- Advertisement -
- Advertisement -
Related News