Sampah Menumpuk di Jalan Sawit Raya Km 6 Jadi Sorotan Dewan

- Advertisement -
Sampah yang menumpuk di Jalan Sawit Raya, Kecamatan MB Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur , jadi sorotan  DPRD Kotim.

Syahbada Sekretaris Komisi II DPRD Kotim, mengaku prihatin,  dengan komdisi lingkungan  setempat, lantaran banyaknya sampah yang menumpuk itu tidak jauh dari pemukiman warga, tempat ibadah, dan sekolah.

Dia mendesak agar pemerintah daerah segera untuk membangun depo sampah di kawasan Jalan Sawit Raya km 6 tersebut.

BACA JUGA   Pemakaman dirusak, Ketua DPRD Kotim minta Polisi Ringkus Oknum Pelakunya

Menurut Syahbana,“Saya tadi sudah meninjau dan memang kondisi Jalan Sawit Raya itu saat ini dipenuhi sampah. Sampah rumah tangga sampai jam 2 siang masih menumpuk di situ, maka dari itu harusnya di situ sudah dibangun depo sampah untuk menampung sampah di daerah tersebut,” kata Syahbana, Rabu, (22/09/2021).

Diketahui bahwa Syahbana telah meninjau bersama anggota Komisi I DPRD Kotim, Rimbun. Keduanya melihat langsung penanganan sampah di kawasan tersebut.

Melihat kondisi itu, tentunya harus dilakukan dengan cepat paling tidak di tahun anggaran 2022 mendatang sudah teranggarkan dalam RKA Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

“Kalau ada depo sampah, maka saya kira penampungannya sudah ada dan tidak lagi dibuang seperti di jalan ini. Kita contohkan di Baamang, Ketapang sekarang sudah bagus jalan-jalan umum. Sudah mulai jarang ada tumpukan-tumpukan sampah yang membuat tidak nyaman bagi pengendara yang melewati, sejak ada depo sampah,” ucap Syahbana.

Pembangunan depo sampah ini menurutnya memang untuk memberikan budaya bagi masyarakat agar tidak lagi membuang sampah sembarangan.

Ketika kesadaran itu terbangun, lanjutnya maka  dengan sendirinya kondisi  Kota Sampit yang berbudaya bersih tidak  membuang sampah secara sembarangan akan terbangun dengan baik.

“Kita akan sampaikan dengan Pemkab Kotim, karena program kebersihan ini merupakan salah satu bagian dari visi misi kepala daerah,” pungkasnya.

[*to-65].

BACA JUGA   Ketua Fraksi PKB DPRD Kotim Tekan Perkebunan Sawit Lakukan Pola Kemitran Dengan Masyarakat
- Advertisement -
Iklan
- Advertisement -
- Advertisement -
Related News