DLH Kota Palangka Raya, Bergerak Cepat Cegah Pemanasan Global

- Advertisement -
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya, saat ini bergerak cepat untuk mencegah pemanasan global. Dengan cara gencar melakukan pembinaan masyarakat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya, Achmad Zaini dalam hal ini mengatakan, guna mencegah pemanasan global yang dinilai berdampak besar terhadap lingkungan.

Pihaknya dalam waktu dengan akan melaksanakan pelatihan Buka Lahan Tanpa Bakar (PLTB).

BACA JUGA   Sekda Berhasil Lantik dan Ambil Sumpah Janji PNS Tahun 2022

“Pelatihan ini akan dimulai di wilayah Kecamatan Jekan Raya direncanakan akhir bulan ini,” katanya, Jum’at (25/3/2022).

Selain untuk meminimalisir terjadinya pemanasan global, pelatihan tersebut juga untuk meningkatkan pemahaman masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Pasalnya, membuka lahan dengan cara membakar lahan dapat menyebabkan kerusakan fungsi lingkungan yang berskala regional, nasional maupun global baik dalam segi sosial maupun ekonomi.

“Salah satu materi PLTB yang familiar, yakni terkait mengolah biomassa yang ada di lahan menjadi kompos atau cuka kayu,” jelasnya.

Dalam pelatihan tersebut, lanjut Achmad Zaini, nantinya akan ada sejumlah materi terkait dampak, bahaya, dan kerugian dari pembakaran hutan dan lahan serta cara yang bisa dilakukan dan manfaat dari adanya PTLB.

“Setidaknya pelatihan ini berkontribusi dalam mengedukasi warga agar memiliki pemahaman yang sama. Ibaratnya, kita tidak boleh hanya melarang tapi juga harus memberikan solusi,” tukasnya.

BACA JUGA   AMAPD Kalteng Desak Bawaslu dan KPU Kalteng Melepas Ucapan Selamat Untuk Paslon 02 Didepan Pagar Rujab

 

Facebook Comments

- Advertisement -
Iklan
- Advertisement -
- Advertisement -
Related News