Penjual Emas Palsu di Barsel Barhasil Diamankan

- Advertisement -
Penjual emas palsu di Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) behasil diamankan polisi, Rabu, 15 Febuari 2023.

Informasi yang berhasil diperoleh media ini bahwa terduga penjual emas palsu, diamankan di Kelurahan Bangkuang, Kecamatan Karau Kuala, Kabupaten Barsel.

Diketahui terduga pelaku penjual emas palsu tersebut berinisial  SF. Adapun korbannya sebanyak 5 orang dengan kerugian mencapai Rp300 juta.

BACA JUGA   Turki Ciptakan Rudal MAM-L yang Mampu Hancurkan Pertahanan Musuh

Hal ini disampaikan Wakapolres Barsel Kompol Johari Fitri Casdy didampingi Kasatreskrim AKP Afif Hasan saat press release, Rabu, 15 Febuari 2023.

“Kita telah mengamankan terduga pelaku penjual emas palsu di Bangkuang,” katanya, dikutif dari bornneonews.co.id.

Ia membeberkan kronologis kejadian pada saat pasar Mingguan di Kelurahan Bangkuang, Rabu 20 Juli 2022 lalu korban atas nama Rini bersama suaminya membeli perhiasan emas dengan terduga pelaku.

BACA JUGA   Wah ! Knalpot Brong di Sekolah Dirazia Satlantas Polres Seruyan

Yakni 1 kalung emas PM 999 seberat 1 ons atau 100 gram dengan harga Rp 86 juta, 1 gelang emas PM 999 berat 60 gram dengan harga Rp 48 juta. Dan 1 gelang emas PM 999 berat 50 gram dengan harga Rp 43 juta.

Barga emas yang dijual terduga pelaku 1 gramnya Rp 840 ribu dengan nota pembelian. Namun, alamat tertera dalam nota pembelian di kota Amuntai Kalsel tidak ada atau fiktif.

Ia menyampaikan kasus tersebut terungkap setelah korban beberapa lama menggunakan perhiasan tersebut kaget karena berubah warna menjadi keputih-putihan.

BACA JUGA   Gelapkan Puluhan Motor Pebiayaan 2 Pelaku Ditahan

Melihat hal tersebut, lanjut dia, korban pun kembali ke Pasar Mingguan di Kelurahan Bangkuang pada 25 Januari 2023 untuk menanyakan emas yang dibeli palsu atau tidak.

“Namun toko terduga pelaku tidak buka atau tidak berada ditempat. Korban pun mencoba menjual emas kepada pembeli yang lain di pasar kelurahan Bangkuang, tapi tidak ada satu pun pedagang emas yang mau membelinya,” beber dia.

Tak terima karena merasa telah ditipu, korban pun langsung melaporkan ke Polsek Karau Kuala.

BACA JUGA   Pembunuh, Buron Sejak 2011 Akhirnya Berhasil Diamankan Polisi

Menindaklanjuti laporan tersebut, pihaknya pun melakukan penyelidikan. Dan akhirnya terduga pelaku berhasil diamankan.

“Kita telah mengamankan 2 orang terduga tersangka penipuan penjualan emas palsu. Saat ini keduanya telah kita amankan di Polres Barsel,” ucap dia.

Berdasarkan keterangan, keduanya mempunyai peran masing-masing. Yakni SF perannya penjual atau menerima pesanan pembuatan emas yang diminta pembeli.

BACA JUGA   Solar Subsidi di Bogor Disalahgunakan Berhasil Ditangkap

Sedangkan rekannya berinisial KH orang yang membuat perhiasaan perak dilapisi emas yang diminta SF kemudian dijual dengan harga emas PM 999.

Ke 5 orang para korban tersebut yakni Rini dengan total kerugian 210 gram emas palsu Rp 177 juta, Imah 30 gram emas Rp 25,2 juta,

Kemudian, Marsi Mustikamah 15 gram emas palsu atau Rp 12,6 juta, Mawaddah 10 gram emas palsu atau Rp 8,4 juta dan Fahriyanti 10 gram emas palsu atau Rp 8,4 juta.

BACA JUGA   Presiden Jokowi Terobos Banjir di Banjarmasin Gunakan Mobil Kepresidenan RI-1
- Advertisement -
Iklan
- Advertisement -
- Advertisement -
Related News