Meningkatkan Kinerja, Perumahan Guru Harus Dibangun

- Advertisement -
Guna meningkatkan kinerja tenaga pendidik di daerah, perumahan guru harus diadakan atau dibangun.

Dengan membangun perumahan  guru dinilai bisa membantu meningkatkan kinerjanya, sehingga dapat menciptakan pendidikan yang bermutu dan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Hal ini disampaikan Rimbun anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) kepada media ini.

BACA JUGA   Maraknya Peredaran Narkoba di Kotim, Legislator Mengaku Prihatin

“Maka dari itu hendaknya setiap sekolah khususnya sekolah yang berada jauh dari kota memiliki perumahan bagi guru yang tempat tinggalnya berada jauh dari sekolah, contohnya seperti di Desa Sebabi, Kecamatan Telawang,” ujarnya, Selasa 28 Februari 2023.

Di sana, ujarnya, belum ada perumahan tersebut sehingga jarak tempuh tenaga pendidik ke sekolah memakan waktu yang cukup lama, dan dikhawatirkan juga mempengaruhi kinerjanya pada saat memberikan pembelajaran kepada peserta didik.

“Kalau ada perumahan guru, waktu yang digunakan lebih efektif dan guru memiliki banyak waktu juga untuk mengembangkan pembelajaran agar lebih inovatif, sehingga dapat menarik perhatian peserta didik untuk terus semangat mengikuti pembelajaran,” jelasnya.

BACA JUGA   Legislator: Pemimpin Perangkat Daerah Harus Berintegritas Tinggi

Legislator ini mendukung agar pemerintah setempat memperhatikan fasilitas untuk menunjang kesejahteraan guru termasuk pengadaan rumah dinas ini, apalagi tonggak pembangunan pertama daerah berada pada seorang guru.

“Selain itu warga setempat juga meminta agar pembangunan yang belum selesai dilanjutkan, diantaranya lanjutan jalan sejahtera kurang lebih 1300 m, dan lanjutan jalan sejahtera fase 3 tiga kurang lebih 300 m,” bebernya.

Warga setempat juga meminta pengadaan bibit sawit berkualitas, pembuatan pagar Beton gereja, pembuatan WC gereja, usulan pakaian adat untuk siswa dan tenaga pendidik, perbaikan pagar sekolah, baik untuk SD 1, SD 2 dan SMPN 3.

BACA JUGA   Legislator Dorong Pembangunan Desa Berkelanjutan

“Serta pembuatan tempat pembuangan sampah, pembuatan saluran air dan Farid, pengadaan ambulan untuk desa, pembangunan gedung sanggar seni, pengadaan lampu penerangan Puskesmas, rehab balai KB, pembuatan drainase di jalan Puskesmas,” ucapnya.

Tambahnya, pemeliharaan jalan aspal simpang sebabi, Penambahan ruang kelas SDN 1, pengadaan paving untuk halaman SDN 2, Pengadaan bibit ikan sebanyak 500 ekor.

Kemudian bibit kelapa sawit sebanyak 5000 bibit, dan pengadaan sapi sebanyak 100 ekor, demikian.

BACA JUGA   Legislator Desak Penegak Hukum Untuk Telisik Perizinan PT. KMA
- Advertisement -
Iklan
- Advertisement -
- Advertisement -
Related News