Pembangunan SD di Pendawa Sampit Sangat Urgensi

- Advertisement -
Pembangunan SD (Sekolah Dasar) di Pendawa Sampit sangat urgensi. Sebagaimana yang disampaikan SP Lumban Gaol dari Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim)

Informasi yang berhasil diperoleh media ini bahwa Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dan Pemerintah daerah belum lama ini melakukan pengecekan lokasi rencana pembangunan Sekolah Dasar (SD) baru di sekitar Perumahan Pendawa, Jalan Jendral Sudirman KM 4, Sampit.

Pengecekan tersebut dilakukan oleh Wakil Bupati Kotawaringin Timur Irawati, anggota Komisi III DPRD Kotim Sihol Parningotan Lumban Gaol, dan Pelksana tugas Kepala Dinas Pendidikan Muhammad Irfansyah.

BACA JUGA   Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kotim: Kebijakan Menaikan Tarif PDAM Dianggap Tidak Tepat

Menurut Lumbam Gaol, pembangunan SD di kawasan itu bersifat urgen. Karena SD yang ada sudah mengalami over kapasitas.

“Hal ini untuk menjawab keluhan masyarakat di sekitar Bundaran Belanga, Islamic Center, ke arah Perumahan Pendawa yang kesulitan memasukkan anak-anak mereka untuk masuk Sekolah Dasar,” ujar Gaol, Kamis, 22 Juni 2023.

Informasi terdapat 2 sekolah dasar di sekitar kawasan itu yakni SDN 7 Ketapang dan SDN 4 Sawahan. Keduanya sudah dalam keadaan over kapasitas peserta didik.

BACA JUGA   Pengelolaan Lingkungan TNM Harus Masuk Usulan Musrenbang RKPD 2024

Bahkan di SD 4 Sawahan, penerimaan siswa baru ini hanya tersedia 2 ruang kelas dengan jumlah maksimal 64 peserta didik. Sementara pendaftar mencapai ratusan.

Kondisi ini mengakibatkan banyak orang tua yang kesulitan mendapatkan sekolah alternatif karena sistem zonasi SD juga telah berlaku bagi untuk pendaftaran.

Jika pun ada sekolah yang mau menampung, jaraknya terlalu jauh.”Sehingga dengan adanya pembangunan Sekolah Dasar baru, harapannya kedepan bisa meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak,” katanya.

BACA JUGA   Sanidin: Anggota DPRD Kotim Terima, Kunjungan DPRD Kobar Terkait Ini

“Hal ini sekaligus membantu perekonomian orang tua yg tidak lagi mengeluarkan biaya ekstra dalam mengantar jemput anak-anak mereka yg sekolah dengan jarak yg lumayan jauh,” terangnya.

Lumban Gaol telah lama memperjuangkan pembangunan sekolah dasar di kawasan ini. Ia berharap ini menjadi semangat bersama antara Pemerintah daerah dan DPRD untuk bisa bersinergi dengan baik dan cepat dalam membangun dunia pendidikan Kotim.

“Dari hasil diskusi bersama akan segera merealisasikan pembangunan sekolah baru tersebut,”  pungkasnya [Red].

- Advertisement -
Iklan
- Advertisement -
- Advertisement -
Related News