Rapat Mediasi Antara PT BJAP dengan Masyarakat Dipimpin Sekda Seruyan

- Advertisement -
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Seruyan Djainuddin Noor memimpin rapat mediasi antara PT Bangun Jaya Alam Permai (BJAP) dengan masyarakat terkait tuntutan realisasi plasma 20 persen.

Guna menyikapi pangkal masalah yang telah menimbulkan bentrok antara masyarakat dengan aparat kepolisian saat masyarakat melaksanakan aksi demo di PT BJAP yang berujung rusuh.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Seruyan, Sekda ini memfasilitasi rapat mediasi antara masyarakat dengan PT BJAP tersebut, yang dihadiri oleh Kapolres Seruyan AKBP Ampi Mesias Von Bulow, Dandim 1015 Sampit  Letkol Inf  M Tandri Subrata, dan Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo.

BACA JUGA   Sekda Seruyan Resmi Lantik 48 Anggota PPS
Rapat mediasi antara PT BJAP dengan masyarakat
Sekda Seruyan yang didamping Kapolres, Dandim 1015 Ketua DPRD Seruyan perwakilan masyarakat dan Manajemen PT BJAP usai melaksanakan rapat mediasi

Informasi yang berhasil diperoleh media ini bahwa Rapat mediasi tersebut dilaksanakan di aula Kantor  Kecamatan Hanau  di Pembuang Hulu, Kabupaten Seruyan pada Sabtu, 8 Juli 2023.

Permasalahan yang dibahas dalam rapat tersebut intinya masyarakat menuntut komitmen PT BJAP untuk memberikan atau merealisasikan plasma 20 persen  dan atau membangun kebun masyarakat di dalam area perijinan perusahaan ini.

Masyarakat juga meminta untuk dilakukan pengukuran ulang terhadap areal perizinan PT BJAP sesuai dengan izin yang mereka miliki.

BACA JUGA   Kapolres Seruyan dalam program Lewu Isen Mulang di Seruyan
WhatsApp Image 2023 07 07 at 22.27.15 800x459 1
Peristiwa bentrok antara masyarakat dengan aparat kepolisian saat masyarakat melakukan aksi demo di PT BJAP

Kewmudian sementara menunggu kepastian pelaksanaan pembangunan kebun masyarakat, diusulkan juga dana talangan sebesar Rp 1 juta per Kartu Keluarga per bulan kepada PT BJAP.

Informasinya dana talangan ini akan diperhitungkan sebagai hutang masyarakat setelah kebun masyarakat atau usaha produktif  tersebut terealisasi.

Pihak PT BJAP, bersedia memfasilitasi pembangunan kebun masyarakat sebesar 20 persen atau memfasilitasi kegiatan usaha produktif sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku.

BACA JUGA   Yulhaidir:  Hadiri Prosesi Pemakaman Mantan Wakil Bupati Seruyan Periode 2008-2013

Untuk diketahui kegiatan pengukuran ulang areal perizinan PT BJAP tersebut merupakan kewenangan Pemerintah Pusat,  khususnya SATGAS Penertiban Perizinan Usaha Perkebunan yang berada dalam Kawasan Hutan atau Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sementara itu Pemerintah Kecamatan Seruyan Tengah dan enam desa serta satu kelurahan akan segera melakukan pendataan terhadap Calon Petani (CP) melalui koperasi yang dibentuk dan difasilitasi oleh PT BJAP.

Data tersebut rencananya akan diusulkan kepada Pemerintah Kabupaten Seruyan. DDalam hal ini Pihak PT BJAP akan memberikan jawaban terkait dana talangan yang disampaikan oleh masyarakat dalam waktu satu minggu setelah rapat mediasi ini dilaksanakan.

BACA JUGA   Bupati Seruyan Lantik Pejabat Stuktural dan 16 Pj Kades

Telah disepakati bahwa masyarakat dari beberapa desa terkait permasalahan ini diminta untuk menghentikan semua kegiatan panen massal atau kegiatan lain yang dapat merugikan PT BJAP setelah rapat fasilitasi ini selesai dilaksanakan.

Beberapa desa dimaksud antara lain Desa Bukit Buluh, Mugi Penyuhu, Tumbang Bai, Ayawan, Sukamandang, Durian Tunggal, dan Kelurahan Rantau Pulut beserta aparatur desa, demikian [Red].

BACA JUGA   Satlantas Polres Seruyan Mengantarkan STNK, BPKB dan TNKB ke Rumah
- Advertisement -
Iklan
- Advertisement -
- Advertisement -
Related News