Debat Publik: Paslon No 4 Abdul Razak-Sri Suwanto Menjadi Perhatian Penonton

- Advertisement -
PALANGKA RAYA – Debat Publik Pasangan Calon (Paslon) Gubernur/Wakil Kalimantan Tengah (Kalteng) Abdul Razak – Sri Suwanto (ASRI) tampil luar biasa pada debat publik pertama yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng.

Acara debat publik tersebut dilaksanakan di Swiss Bell Hotel Danum, Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah, pada Senin (14/10/2024).

Mengenai isu peningkatan perekonomian misalnya, Abdul Razak menyebutkan perlu peningkatan ekonomi berkelanjutan yang tidak hanya tergantung pada satu sektor saja, mengingat banyak lini yang bisa dikembangkan untuk menunjang pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA   Bupati Pulang Pisau Tinjau Pelaksanaan Seleksi CPNS

“Bicara perekonomian berlanjut kita tidak hanya tergantung dari satu lini, namun kita bangun sektor-sektor strategis lainnya,” ucapnya.

Mengenai peningkatan penduduk miskin di Kalteng yang terus bertambah berdasarkan data BPS, Abdul Razak menegaskan, bahwa hal ini perlu diatasi dengan pembukaan lapangan pekerjaan dan meningkatkan UMKM, sehingga ada kesempatan bagi masyarakat Kalteng memperoleh penghasilan.

“Sehingga ketika ini dituntaskan, diselesaikan, maka masyarakat keseluruhan terutama yang di pelosok bisa merasakan pembangunan,” ujarnya.

BACA JUGA   Wakil Bupati Kotim Irawati Melakukan Peletakan Batu Pertama Masjid Nur Huda

Sementara itu Calon Wakil Gubernur, Sri Suwanto, menambahkan, untuk langkah pemanfaatan ekonomi hijau akan ditekan kepada peningkatan produktivitas dengan tetap memerhatikan lingkungan.

“Tentu banyak cara seperti mengembangkan industri berbasis sumber daya alam, apalagi sekarang dengan startup dan bisnis baru yang memiliki inti bisnis yang bisa dikembangkan,” tuturnya.

Sementara itu terkait Pendapat Asli Daerah (PAD) Kalteng yang dinilai masih rendah dibanding provisi lain di Pulau Kalimantan, Sri menegaskan bahwa hal ini harus diperbaiki dengan meningkatkan tiga sektor yang potensial seperti pertanian, perkebunan, dan sektor jasa.

“Kalau ini semua kita bisa manfaatkan, maka Kalteng mampu meningkatkan 85 persen PAD. Karena itulah ASRI selalu menegaskan pentingnya pemanfaatan sektor unggulan yang didahului peningkatan SDM,” pungkasnya.(Hadiboy)

BACA JUGA   Sekda: Pengelolaan Sampah Harus Wujudkan Kelestarian Lingkuangan di Seruyan
- Advertisement -
Iklan
- Advertisement -
- Advertisement -
Related News