Program Utama Paslon Muklis-Aswin Sektor Pertanian dan Jalan

- Advertisement -
SERUYAN  || kalteng.indeksnews.com – Program utama pasangan calon (Paslon) Bupati/Wakil Bupati Seruyan, Muklis – M. Aswin jika terpilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 nanti menitik beratkan kepada dua hal.

Pertama paslon ini akan fokus membangkitkan pada sektor pertanian khususnya padi dan yang kedua akan memperbaiki semua jalan yang berada di dalam kota Kabupaten Seruyan biar menjadi mulus semua.

Sebagaimana yang disampaikan Muklis calon Bupati Seruyan yang berpasangan dengan M. Aswin baru-baru ini kepada awak media.

BACA JUGA   Siap Lanjutkan Program Kalteng Berkah, Agustiar-Edy Sampaikan Komitmen dalam Debat

Menurut Muklis, pihaknya memang fokus membangkitkan dari sektor pertanian secara luas, khusunya pertanian padi,” Jadi kita sudah merencanakan mungkin pada sektor pertania,” ujar Muklis, Minggu (22-09-2024).

“Sektor pertanian ini membutuhkan banyak dana sampai rausan miliar nantinya, supaya kita bisa mendirikan badan usaha sendiri,” katanya.

Hal tersebut ia sampaikan usai dia menghadiri Temu Tani yang digelar oleh Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) di Aula gedung kantor DPRD Kabupaten seruyan.

BACA JUGA   Luar Biasa Kurang Lebih 6000 Warga Antusias Hadiri Deklarasi Agustiar-Edy di Pangkalan Bun

Muklis – M. Aswin juga menjelaskan mereka dalam mensejahterakan para petani itu harus dimulai dengan mendirikan badan usaha baik itu yang bersifat koperasi maupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang tentunya akan melibatkan banyak pihak

Lanjutnya baik itu Pemda maupun pihak ketiga yang nanti akan mendirikan badan usaha atau koperasi itu, dari segi hulunya mulai dari percetakan sawah, irigasi, jalan inspeksi, peralatan (Alsintan) termasuk peningkatan SDM dan juga sampai pendirian pabrik sendiri oleh Seruyan

Muklis berharap ketika pabrik itu ada, harga pasar bisa ditekan, “Artinya harga gaban yang dijual oleh petani tersebut bisa ditampung oleh badan usaha yang akan kita dirikan tersebut, sehingga harga akan stabil,” harapnya.

BACA JUGA   Tim Pansus Paslon No 3 Agustiar Edy Kampanye Dialogis

Selain itu, dia juga mengungkapkan terkait alasan kenapa dirinya lebih fokus mengembangkan sektor pertanian padi.

“Karena potensinya sudah jelas, tinggal kita mengatur aja potensi yang ada. Yang lain pun sebetulnya ada cuman konsep membangun itu harus fokus,” ungkapnya.

Ia menerangkan di Kabupaten Seruyan merupakan salah satu daerah yang memiliki lahan pertanian padi yang sangat luas. “Sehingga pertanian di kabupaten tersebut perlu perhatian penting untuk kesejahteraan masyarakat, demikan tutupnya. (*AH).

BACA JUGA   Willy-Habib dalam Debat Publik Perdana Singgung Lawan
- Advertisement -
Iklan
- Advertisement -
- Advertisement -
Related News