Ditreskrimsus Polda Kalteng Berhasil Menangkap Pedagang Merkuri

- Advertisement -
PALANGKA RAYA – Jajaran Ditreskrimsus (Direktorat Reserse Kriminal Khusus) Polda Kalteng berhasil menangkap pelaku perdagangan merkuri yang berinisial BR bersama empat pelaku lainnya.

Informasi yang berhasil diperoleh wartawan Indeksnews.kalteng.com bahwa penangkapan itu dilakukan Ditreskrimsus itu berdasarkan hasil penyelidikan yang dilakukan Ditreskrimsus dilokasi terdapat kegiatan penampungan, pengolahan, dan pemurnian batu cianibar yang diduga berasal dari penambang ilegal.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dr Dedi Prasetyo mengungkapkan,”Jadi setelah melakukan penyelidikan terkait adanya dugaan perdagangan yang dilakukan BR bersama empat pelaku lainnya, tim kemudian melakukan penangkapan terhadap pelaku yang berada di tepian DAS Kahayan Jalan Palangka Raya – Bukit Rawi,” ungkap Kapolda ketika konferensi pers di lobi Mapolda Jalan Tjilik Riwut Km 1 Kota Palangka Raya, Kamis (03/12/2020) pagi.

2A

“Adapun cara pembuatan merkuri menurut keterangan pelaku dimulai dari pemecahan batu cinnabar/puyak yang kemudian pecahan batu tadi dimasukkan pada mesin penghancur untuk menjadi serbu,” jelasnya.

Setelah itu, terang Kapolda, batu cinnabar tersebut dicampur dengan besi dan kapur calcium kemduian dimasukkan kedalam tabung pembakaran untuk dibakar.

“Cairan yang keluar dari pipa tabung dimasukkan kedalam ember plastik. Hasil berupa merkuri dibersihkan dan dimasukkan pada botol putih kosong dan diberi label,” urainya.

Sasaran penjualan hasil produksi merkuri tersebut, lanjut Dedi, yaitu Kabupaten Katingan, Gunung Mas, dan Kapuas.

“Pasal yang disangkakan dalam kasus ini yaitu Pasal 162 Undang – Undang nomor 3 tahun 2020 tentang perubahan atas Undang – Undang nomor 4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batubara dengan pidana penjara paling lama lima tahun dan denda paling banyak Rp 1 Miliar,” pungkasnya.

[*t0-65/dkk]

Baca Juga: Antisipasi Karhutla, Polsek Seruyan Tengah Sebarkan Maklumat Kapolda Kalteng Di Kecamatan Seruyan Tengah

Facebook Comments

BACA JUGA   Mantap ! Polres Seruyan canangkan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju WBK dan WBBM
- Advertisement -
Iklan
- Advertisement -
- Advertisement -
Related News