Dadang: Minta Dinkes Harus Intensif Memantau Makanan dan Minuman di Bulan Ramadan

- Advertisement -
Dadang Siswanto, S.H, Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat untuk lebih intensif memantau makanan dan minuman yang beredar saat bulan Ramadan.

Menurut Dadang, Dinkes Kotim harus lebih mengintensifkan pemantauan dan pemeriksaan terhadap produk makanan dan minuman secara berkelanjutan, terlebih saat ini bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri dimana permintaan makanan akan meningkat.

“Kami meminta Dinkes untuk lebih mengintensifkan pemantauan dan pemeriksaan terhadap produk makanan dan minuman secara berkelanjutan. Terlebih saat ini bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri dimana permintaan makanan akan meningkat,” katanya, Sabtu, 1 April 2023.

BACA JUGA   PJU Tidak Berfungsi, Dana dan Kinerja Dinas Teknis Intinya Dikritik Dewan

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kotawaringin Timur ini menjelaskan, Pemantauan terhadap makanan dan minuman,  memberikan jaminan keaman kepada masyarakat. Makanan dan minuman tak layak jual akan segera diketahui dan dapat dilakukan penarikan.

Pengawasan berkelanjutan juga menimbulkan dampak kehati-hatian oleh pengolah maupun penjual makanan. Mereka akan memastikan bahan dan proses produksi higienis.

Sebelumnya, 33 orang harus mendapat perawatan dan 1 orang meninggal dunia setelah mengalami diare diduga akibat keracunan wadai ipau yang dibeli dari salah satu pedagang di Kecamatan Baamang.

Dadang berharap dengan pemantauan intensif, kejadian serupa tak akan terulang kembali. Ia juga mengimbau, masyarakat agar lebih cermat membeli makanan dan minuman.

“Apabila menemukan tanda-tanda makanan kadaluarsa atau menggunakan bahan berbahaya segera melapor petugas yang berwenang,” pungkasnya [Red].

BACA JUGA   Anggota DPRD Kotim Dapil I, Reses di Kecamatan MB. Ketapang
- Advertisement -
Iklan
- Advertisement -
- Advertisement -
Related News