Hadapi Ancaman Karhutla Personil Siap Siaga

- Advertisement -
Palangka Raya – Dalam rangka menghadapi Ancaman Karhutla (kebakaran hutan dan lahan) yang selalu menghantui saat memasuki musim kemarau.

Kondisi Ancaman Karhutla ini menjadi perhatian tidak hanya oleh Pemerintah Kota Palangka Raya saja, namun juga masyarakat setempat.

“Struktur lahan di Kota Palangka Raya yang rawan terbakar, menjadi ancaman terjadinya karhutla. Maka itu semuanya patut waspada,” kata Wakil Ketua I Komisi C DPRD Palangka Raya, Ruselita, Kamis (27/4/2023) di Palangka Raya.

BACA JUGA   Fairid Dampingi Mendag Tinjau Harga Kebutuhan Pokok di Palangka Raya

Menurut srikandi DPRD Kota Palangka Raya ini, jika belajar dari pengalaman tahun 2015 saat terjadi bencana karhutla. Namun di tahun-tahun berikutnya hingga tahun yang lalu bencana karhutla bisa dihindari dan dicegah.

“Nah, dari situlah kita lebih awal mulai siap siaga akan terjadinya potensi karhutla,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu lanjut Ruselita, untuk menghadapi dampak kemarau di tahun 2023 ini, kesiapsiagaan serta pencegahan karhutla harus dilakukan.

BACA JUGA   Dinas Kesehatan Palangka Raya Terima 300 Dosis Vaksin Covid-19

“Beberapa waktu lalu, Pemko Palangka Raya bersama pihak terkait melaksanakan apel kesiapsiagaan, yang dirangkai dengan simulasi untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan. Kami sangat menyambut baik kesiapan ini,” ucapnya.

Upaya tersebut imbuh dia, adalah sebagai langkah awal, yakni dengan membentuk satuan tugas kebakaran hutan dan lahan serta menyiapkan posko-posko karhutla.

“Diharapkan pada musim kemarau saat ini semuanya terus memantau lahan rawan kebakaran. Intinya, pemerintah dan masyarakat semua sudah siap siaga bergerak melakukan antisipasi,” pungkasnya. [Red]

Sumber: (MC. Kota Palangka Raya.1/nd)

BACA JUGA   Syamsiah Tewas dalam Kecelakaan Maut di Palangka Raya
- Advertisement -
Iklan
- Advertisement -
- Advertisement -
Related News