Inilah Tikus Dana Hibah KONI Kotim Dipersiapkan Masuk Sel

- Advertisement -
Inilah tikus-tikus serakah yang mengerogoti dana hibah di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kotawaringin Timur (Kotim) yang siap-siap masuk sel tahanan, untuk menikmati dinginnya tembok penjara.

Sudah dua pekan Tim penyidik dari Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah (Kejati Kalteng) melakukan penyelidikan terhadap dugaan tindak pidana (Tipikor) dana hibah Koni Kotim, sudah mengerucut ketahap penyidikan.

Mungkin dalam waktu dekat penyidik Kejati Kalteng sudah menetapkan tersangka setelah memeriksa sekian banyak saksi-saksi dan terduga pelaku yang akan mempertanggungjawabkan perbuatannya dihadapan hukum.

BACA JUGA   Opini: Petualang Jurnalis Berpetualang ke Jakarta
Kejati 1
Tim Kejati Kalteng saat menggeledah 3 kantor di Kotim, terkait dugaan tindak pidana korupsi dana Hibah di KONI Kabupaten Kotawaringin Timur, Senin 20 Mei 2024

Kemarin Senin 20 Mei 2024, tim penyidik Kejati Kalteng secara serentak menggeledah 3 kantor di Sampit, untuk mencari dan menemukan alat bukti tambahan terkait dugaan tipikor dalam penyimpangan dan penyalahgunaan Dana Hibah kepada KONI Kotim.

Tiga Kantor yang di geledah secara serentak tersebut adalah Kantor KONI, Kantor Badan Keuangan dan Aset Daerah Serta Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kotawaringin Timur.

Hasilnya Tim penyiidik Kejati Kalteng telah menyita 3 container dokumen terkait Dugaan Tipikor dalam penyimpangan dan penyalahgunaan Dana Hibah kepada KONI Kotim yang digerogoti tikus-tikus rakus tersebut, yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kotim Tahun Anggaran 2021-2022 dan 2023.

BACA JUGA   Kasus Korupsi Pengadaan Batubara untuk PT PLN Akan Ada Tersangka Baru

Selain itu penyidik juga melakukan penyitaan terhadap 1 (satu) laptop Gaming Merk Asus dan 1 (satu) computer merk Asus. Selanjutnya untuk kepentingan penyidikan, barang – barang tersebut dibawa ke kantor Kejati Kalteng di Palangka Raya.

Berawal pada tahun 2021 sampai dengan tahun 2023, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kotawaringin Timur menerima Dana Hibah yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kotim sebagai berikut :

Tahun 2021 Rp3.264.278.165,00. Tahun 2022 Rp8.748.750.000,00 dan Tahun 2023 Rp18.228.000.000,00. Total keseluruhan Dana Hibah yang diterima dan dikelola KONI Kabupaten Kotim adalah sejumlah Rp30.241.028.165,- (tiga puluh miliar dua ratus empat puluh satu juta delapan puluh delapan ribu seratus enam puluh lima rupiah)

BACA JUGA   Korupsi LKS dan Dana BOS, Kadisdik dan 3 Rekannya Masuk Bui

Oleh KONI Kotim dana hibah tersebut dipergunakan untuk membiayai kegiatan KONI  Kotim, kegiatan pengembangan dan pembinaan atlit pada cabang olahraga (Cabor) dibawah pembinaan KONI Kotim serta membantu pembiayaan kegiatan Pekan Olahraga Provinsi Kalimantan Tengah XII 2023 di Sampit.

Bahwa diduga KONI Kotim telah melakukan penyimpangan dan penyalahgunaan dalam penyaluran Dana Hibah yang diterima dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kotim, diantaranya dengan menyalurkan kepada pihak lain yang tidak berhak, sehingga berpotensi merugikan keuangan negara.

Saat ini Tim Penyidik Kejaksaan Tinggi Kalteng masih mendalami lebih lanjut alat bukti yang didapatkan dan melakukan koordinasi dengan auditor dalam proses penghitungan kerugian negara dalam perkara dimaksud.

BACA JUGA   Nur Afifah Balqis: Benar-Benar Dibanjiri Cibiran Netizen di Medsos

Terkait kasus yang menghebohkan Kotim, kali ini Jhon Krisli Mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotawaringin Timur turut prihatin, namun dalam keprihatinannya tersebut Ia juga mengapresiasi kinerja Tim Kejati Kalteng.

Dan berharap semoga semuanya berjalan dengan lancar demi tegaknya Supremasi hukum yang betul-betul berkeadilan sebagaimana yang diharapkan, jika terbukti bersalah kita serahkan sepenuhnya kepada panglima tertinggi di negara ini adalah hukum, demikian (Red)

BACA JUGA   Mantan Kadis Kominfo Kapuas Masuk Penjara
- Advertisement -
Iklan
- Advertisement -
- Advertisement -
Related News