Kerjasama Pengolahan Serba Ikan Berhasil Jadi Makanan Bernilai Ekonomi Tinggi

- Advertisement -
Kerjasama untuk pengolahan serba ikan menjadi makanan bernilai ekonomi tinggi berhasil dilaksanakan anatara Kelurahan Palangka dengan perkumpulan Pramesti Malima Energi Fokus Sejahtera (PMEFS).

Penyelenggaraan pelatihan pengolahan serba ikan itu dilaksanakan di aula Kelurahan Palangka Kota Palangka Raya, Kamis (25/8/2022).

Kegiatan yang diikuti 20 peserta dari ibu rumah tangga ini dibuka secara resmi Asisten III Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya, Ir Kandarani.

Dengan di dampingi Camat Jekan Raya, Sri Utomo Serta Lurah Palangka, Akhmat Susanto menampilkan produk olahan makanan berbahan dasar ikan seperti ikan tenggiri, ikan Patin dan ikan gabus.

Salah seorang warga yang mengikuti program pelatihan, Simpun mengaku antusias dengan program pelatihan yang diberikan, apalagi olahan makanan yang dibuat sangat mudah diperoleh di daerahnya seperti ikan patin dan ikan gabus.

Menurutnya kegiatan ini tentunya dapat menambah ilmu pengetahuan tentang bagaimana mengolah ikan tidak hanya sebagai konsumsi lauk pauk, akan tetapi dikemas menjadi olahan makanan ringan yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

“Tentunya kami selaku warga berterima kasih atas terselenggaranya kegiatan pelatihan ini, selain menambah pengetahuan tentang pengolahan ikan dijadikan makanan ringan, nilai ekonomis dari olahan ikan ini dapat dijadikan usaha kecil dari rumah untuk menopang perekonomian rumah tangga,”ucapnya.

Disisi lain Ketua PMEFS, Aqiedah Wahyuni sekaligus pemateri kegiatan olahan makanan berbahan dasar ikan ini mengatakan pihaknya telah membuat produk olahan ikan ini menjadi makanan ringan dalam kemasan seperti abon, akar pinang, otak-otak,empek-empek dan kue kukis.

“Pelatihan kali ini Produk olahan kami ini murni berbahan dasar ikan yang mudah diperoleh di wilayah Kota Palangka Raya seperti ikan patin sebagai bahan baku pembuatan otak-otak,” ujarnya.

“Ikan Patin memiliki nilai gizi baik dengan harga murah dan mudah didapatkan dan semoga pelatihan yang kami laksanakan hari ini dapat diterapkan dengan baik oleh para peserta untuk menjadi menu pilihan makanan ikan yang sehat bagi keluarga serta menunjang perekonomian warga untuk pasarkan,”tutupnya.

Sumber: MC Isen Mulang/Gusti

BACA JUGA   Alam Sekitar Bisa Dimanfaatkan, Latih Anak Membuat Ecoprint
- Advertisement -
Iklan
- Advertisement -
- Advertisement -
Related News