Legislator: Raperda Penetapan Desa Menciptakan Tertib Administrasi

- Advertisement -
Raperda Penetapan Desa menciptakan tertib Administrasi. Sebagaimana yang disampaikan Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Kotim Hj Mariani, Jumat, 23 Juni 2023.

Hj Mariani, dari Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur mengatakan rancangan peraturan daerah (raperda tentang penetapan desa menciptakan tertib administrasi pemerintahan.  

“Semangat kita untuk mengusulkan Ranperda Penetapan Desa adalah untuk menciptakan tertib administrasi pemerintahan,” katanya , Jumat, 23 Juni 2023.

BACA JUGA   Pelabuhan Gelap di Kotim Disinyalir Jadi Tempat Masuknya Narkoba

Hal ini ia katakan menyusul telah disetujuinya raperda penetapan desa menuju tahap selanjutnya hingga ditetapkan sebagai peraturan daerah.

Menurutnya, Raperda penetapan desa memberikan kejelasan dan kepastian hukum terhadap keberadaan dan data wilayah administrasi pemerintahan desa.

“Seperti yang disampaikan eksekutif bahwa dari 168 desa yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur hanya terdapat beberapa desa yang penetapannya sesuai peraturan perundang-undangan,” ujarnya.

Dia mengatakan, desa yang telah memiliki dasar hukum berupa peraturan daerah itu lahir setelah lahirnya negara kesatuan Republik Indonesia melalui mekanime pemekaran desa.

Sedangkan desa-desa yang telah ada sebelum lahirnya negara kesatuan Republik Indonesia belum memiliki penetapan dalam sebuah produk hukum sesuai dengan peraturan perundang-undangan sehingga memerlukan pengaturan dalam Perda.

“Sehingga peraturan daerah ini memberikan payung hukum bagi desa-desa itu,” pungkasnya. [Red].

BACA JUGA   Raperda Pertanggung Jawaban APBD 2021, Intinya Sudah Disetujui DPRD Kotim
- Advertisement -
Iklan
- Advertisement -
- Advertisement -
Related News