PAD untuk Pembangunan dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

- Advertisement -
Optimalisasi pemamfaatan aset daerah untuk tingkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui optimalisasi pemanfaatan aset dapat meningkatkan keberhasilan pembangunan dan juga dapat memperbaiki pelayanan public.

Karena menurut anggota Komisi I DPRD Kotim, Hendra Sia, PAD diterima langsung oleh daerah dan akan digunakan untuk pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat kotawaringin timur.

Hendra Sia mengungkap ada banyak aset yang bisa datangkan PAD jika dikelola dengan baik. Misalnya bangunan pasar milik daerah, gedung atau pasilitas lainnya hingga tanah dan sebagainya.

“Barang milik daerah apabila dikelola dengan baik dapat memberikan peluang bagi pemanfaatan dan juga peningkatan PAD serta meningkatkan fasilitas public,” kata Hendra Sia, Sabtu (19/3).

Namun, kata Politisi Partai Perindo ini jika tidak dikelola dengan semestinya, keberadaan aset justru menjadi beban biaya karena sebagian dari aset membutuhkan biaya perawatan dan pemeliharan serta akan terjadi penurunan nilai seiring dengan perjalan waktu.

“Dalam upaya pembenahan dan pengelolaan aset daerah perlu ada komitmen yang kuat dari pemerintah daerah,” kata Hendra Sia.

Menurutnya ada beberapa permasalahan yang sering dihadapi oleh pemerintah daerah, di antaranya kurang optimal pengelolaan aset daerah, kapasitas pengelola aset daerah belum memadai, penataausahan aset belum tertib dan optimal.

BACA JUGA   Komisi I DPRD Kotim, Minta Pemda Selesaikan Ganti Rugi Lahan Kuburan
- Advertisement -
Iklan
- Advertisement -
- Advertisement -
Related News