Pelaku Pembakaran Lahan Berhasil Ditangkap Polres Kotim

- Advertisement -
SAMPIT – Pelaku pembakaran lahan di Jalan Hadil Sohor, Desa Handil  Sohor, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) berhasil ditangkap polisi.

Informasi yang berhasil diperioleh media ini pelaku pembakaran lahan ini berhasil ditangkap dan diamankan jajaran Polsek Jaya Karya Polres Kotim berawal dari tim poslap (pos lapangan) karhutla Mentaya Hilir Selatan melakukan pengecekan titik hotspot di Desa Handil Sohor.

Sebagaimana yang disampaikan Kapolres Kotawaringin Timur AKBP Sarpani melalui Kapolsek Jaya Karya AKP Supriyono kepada media Selasa, 15 Agustus 2023.

BACA JUGA   LAMI Laporkan Direktur CV Anugerah Pusat Palangka Raya ke Jaksa
Pelaku pembakar lahan di Mentaya Hilir Selatan
Pelaku pembakar lahan di Mentaya Hilir Selatan

 

Ia mengatakan, penangkapan terduga berawal dari tim poslap (pos lapangan) karhutla Mentaya Hilir Selatan melakukan pengecekan titik hotspot di Desa Handil Sohor.

Menurutnya, setibanya ditempat kebakaran, di sekitaran TKP didapati terlapor dan setelah di minta keterangan bahwa terlapor mengakui perbuatannya dengan sengaja membakar lahan tersebut menggunakan korek api mancis  kuning pada rumput ilalang.

“Terlapor sekarang ini dalam proses penyidikan. Adapun pasal yang di sangkakan yaitu Pasal 187 huruf 2e KUHPidana dengan ancaman pidana 15 tahun penjara,” katanya. Selasa, 15 Agustus 2023, dikutif dari https://www.borneonews.co.id.

BACA JUGA   Hamili Keponakan Usia 15 Tahun, Paman Bejat Ini Dibekuk

Sementara itu Kapolres Kotim AKBP Sarpani mengatakan, Polres Kotim telah memaksimalkan berbagai upaya dan meningkatkan kerja sama dengan masyarakat dan stakeholder terkait dalam penanganan karhutla melalui berbagai kegiatan kepolisian.

“Kami telah melakukan kegiatan pre emtif berupa sosialisasi dan penyuluhan, kegiatan preventif berupa patroli di berbagai lokasi rawan karhutla dan kegiatan represif terhadap para terduga pelaku karhutla,” ujar Kapolres.

Selain itu Polres Kotim juga aktif dalam kegiatan pemadaman titik api. Sebagai langkah inovasi pemantauan titik Hot Spot, Polres Kotim telah memasang Monitor di Ruang Lobi Polres Kotim yang di fungsikan untuk memantau langsung titik api melalui aplikasi sipongi dan aplikasi Nasa, demikian [Yogy].

BACA JUGA   Seorang Pemuda Diamankan Polsek Timpah Karena Melakukan Penganiayaan
- Advertisement -
Iklan
- Advertisement -
- Advertisement -
Related News