Tajuk Rencana: Anda Ingin Jadi Wartawan Handal dan Profesional, Baca Ini

- Advertisement -
Jika anda ingin menjadi wartawan handal dan profesional, sebaiknya anda harus membaca dan menyimak tulisan ini dari awal hingga akhir, kalau perlu dibaca berulang-ulang, agar anda benar-benar mengerti dan tidak gagal paham.

Sebelum melangkah lebih jauh hemat Petualang Jurnalis, sebaiknya anda pahami dulu. Apa yang dimaksud dengan wartawan dan apa devinisi wartawan itu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, wartawan adalah orang yang pekerjaannya mencari dan menyusun berita untuk dimuat dalam surat kabar, majalah, radio, dan televisi. Wartawan diambil dari kata ‘warta’ yang berarti berita.

BACA JUGA   Polri Kirim Lagi Berkas Kasus Terorisme Munarman ke JPU

Wartawan bisa juga disebut pewarta atau jurnalis (Bahasa Ingris: journalist) adalah orang yang melakukan pekerjaan kewartawanan dan atau tugas-tugas jurnalistik secara rutin.

Atau dalam definisi lain, wartawan dapat dikatakan sebagai orang yang pekerjaannya mencari dan menyusun berita, baik dalam media cetak, media elektronik, maupun media online.

Seseorang yang melakukan pekerjaan kewartawanan, kegiatan jurnalistik secara rutin atau orang yang secara teratur menuliskan berita (berupa laporan) dan tulisannya dimuat secara teratur. Laporan ini lalu dapat dipublikasikan dalam media massa.

BACA JUGA   Richard William: Tuding Susi Murni Korban Kriminalisasi Mafia Hukum

Seperti koran, televisi, radio, majalah, film dokumentasi, dan internet. Wartawan mencari sumber mereka untuk ditulis dalam editor laporannya; dan editor mereka diharapkan untuk menulis laporan yang paling objektif dan tidak memiliki pandangan dari sudut tertentu untuk melayani masyarakat.

Nah jika anda ingin jadi wartawan yang handal dan profesional, banyak hal yang harus anda ketahui dan harus dipersiapkan teerutama pahami definisi dan tugas pokok seorang wartawan tersebut.

wartawan adalah seorang penulis yang menginvestigasi peristiwa, isu, dan tren terkini, kemudian menghasilkan cerita seputar fakta dan menyebarkannya ke publik melalui media cetak, siaran, atau daring.

BACA JUGA   Dugaan Korupsi Pengelolaan Reksadana Investornya  2 PT Diperiksa Jampidsus

Dalam menghasilkan sebuah berita, wartawan itu harus menghadiri acara langsung atau melakukan penelitian. Agar berita tidak salah, wartawan wajib meninjau banyak hal relevan yang berhubungan dengan bahan berita.

Cara menjadi wartawan harus cakap dalam menulis salinan cerita dan memperbaiki kesalahan tata bahasa, tanda baca, ejaan, dan konten.

Selain itu, cara menjadi wartawan juga piawai dalam menyajikan berita-berita untuk pembaca di bidang tertentu, misalnya politik, hiburan, bisnis, kesehatan, anak-anak, olahraga, dan lain sebagainya.

BACA JUGA   Obat Masuk Angin untuk Anak, Ada 7 Macam

Berikut ini adalah cara menjadi wartawan handal dan profesional yang berhasil dirangkum dari berbagai pengalaman penulis dan beberapa referensi dari berbagai narasumber, Ayo intip apa saja yang menjasi syaratnya.

Kali ini Petualang hanya memberikan 7 (tujuh) cara bagaimana menjadi wartawan handal dan profesional semoga tidak keliru, walaupun penulis sendiri menyadari belum bisa meraih kategori sempurna dan profesional tersebut dengan cara sebagai berikut:

  1. Mengejar Gelar Wartawan;
  2. Terlatih Mengurus Mading;
  3. Menulis Blog;
  4. Menyusun Portofolio;
  5. Bekerja Magang;
  6. Menulis Resume; dan
  7. Mengunjungi Perusahaan Media;

BACA JUGA   Bahaya ! UU KUHP Ancam Kemerdekaan Pers dan Demokrasi
 

Ketujuh cara tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:

Mengejar Gelar Wartawan;

Cara menjadi wartawan yang pertama adalah memiliki pendidikan minimal yang menjadi syarat menjadi wartawan.

Gelar sarjana adalah tingkat pendidikan minimum untuk sebagian besar perusahaan media yang mempekerjakan wartawan. Gelar yang lebih disukai adalah Sarjana Komunikasi yang mempelajari jurnalistik dan Sarjana Sastra.

Namun, kemampuan berbahasa, berkomunikasi, dan menulis yang baik juga menjadi pertimbangan walau kita tidak memiliki gelar tersebut atau tidak menempuh pendidikan tinggi.

Terlatih Mengurus Mading;

Mengurus mading (majalah dinding) sekolah adalah salah satu cara menjadi wartawan di masa depan. Menjadi wartawan adalah bidang yang penting untuk memperoleh pengalaman sebanyak mungkin untuk menunjukkan kemampuan kita, bahkan saat melamar pekerjaan tingkat pemula.

Terlatih mengurus mading maupun buletin sekolah adalah hal sederhana yang sangat diperhitungkan jika ingin menjadi wartawan.

Menulis Blog;

Metode lain untuk sebagai cara menjadi wartawan adalan memiliki blog probadi. Saat membuat blog pribadi, kita memiliki kontrol kreatif penuh untuk memilih subjek, format, dan nada tulisan untuk latihan menulis berita.

Banyak sekali layanan blog gratis yang bisa menjadi pilihan teman-teman. Selain itu, menjalankannya pun sangat mudah, kok!

Menyusun Portofolio;

Portofolio tulisan adalah cara penting menjadi wartawan profesional. Portofolio adalah dokumentasi yang berisi kumpulan pekerjaan yang sudah kita lakukan sebagai bahan pertimbangan ketika melamar pekerjaan.

Nah, blog dan contoh karya jurnalisme inilah yang akan kita kumpulkan untuk ditunjukkan pada calon pemberi kerja sebagai wartawan untuk bisa menilai kemampuan kita.

Bekerja Magang;

Cara menjadi wartawan handal bukanlah hal yang instan, ya, teman-teman. Banyak hal yang harus dipelajari agar tulisan kita rapi, bagus, dan layak dibaca khalayak umum.

Sebagai pembelajaran, kita sebaiknya bekerja magang sebagai wartawan dulu untuk beberapa saat untuk mengetahui tanggung jawab dan tugas wartawan di dunia kerja.

Menulis Resume;

Selain portofolio, resume juga hal yang penting untuk menjadi wartawan profesional. Resume menampilkan secara singkat data diri kita, kemampuan, latar belakang pendidikan, dan pengalaman kerja. Jadi, kita harus mempersiapkan resume dengan baik.

Mengunjungi Perusahaan Media;

Nah, saat kita sudah mengumpulkan portofolio berkualitas, resume yang sesuai, dan sudah melakukan kerja magang, kita boleh melamar menjadi wartawan. Perusahaan yang menerima pekerjaan wartawan adalah:

Televisi nasional, portal berita digital, perusahaan media massa cetak (koran, majalah, dan lainnya),Instansi/kantor pemerintah. instansi pendidikan, dan lain sebagainya.

Jika diterima, kita sudah memiliki karir sebagai wartawan profesional. Nah, itulah tujuh cara menjadi wartawan yang umum dilakukan, semoga bermanfaat bagi kita dan anda semua, demikian [Red].

Penulis: Misnato (Petualang Jurnalis) Wakil Pimred Indeks News.com

Sumber: Beberapa Wikipedia.

BACA JUGA   Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Serbuan Vaksinasi di Solo
- Advertisement -
Iklan
- Advertisement -
- Advertisement -
Related News