PIK-R Kahinje Atei SMPN 1 Palangka Raya Berhasil Raih Juara 3 Nasional

- Advertisement -
Hasil membanggakan ditoreh Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Kahinje Atei dari SMPN 1 Palangka Raya.
Dimana berhasil meraih juara ketiga dalam lomba PIK Remaja Percontohan Segmentasi Berani, usia 10-14 tahun Tingkat Nasional.

Penghargaan itu diserahkan Sekretaris Utama BKKBN RI Tavip Agus Rayanto, diterima langsung oleh pengurus PIK R Kahinje Atei, Gita Angelina.

BACA JUGA   FBIM Ajang Pelestarian Seni Budaya dan Kearifan Lokal Suku Dayak

Pada puncak acara malam Anugerah Duta Generasi Berencana (ADUJAK GENRE 2022), di Yogyakarta, Minggu (22/8/2022) yang lalu.

Menurut Plt Kepala Perwakilan BKKBN Kalteng, M Fitriyanto Leksono, dalam rilisnya menyampaikan.

“Penghargaan ini merupakan kebanggaan bagi Kalimantan Tengah, tidak hanya menjadi kebanggaan para remaja yang tergabung di PIK Kahinje Atei, namun penghargaan ini menjadi kebanggaan bagi seluruh generasi muda,” katanya Senin (22/8/2022).

BACA JUGA   SKHB Terima Bantuan Oxygen Concentrator dari Ketua DPR RI

Fitriyanto mengatakan, dengan diterimanya penghargaan tersebut diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh anak muda di Bumi Tambun Bungai.

Untuk menjadi Generasi Berencana (Genre) dengan program Triad KRR (Kesehatan Reproduksi  Remaja) yaitu menghindari tiga resiko yang dihadapi remaja.

Yaitu Tidak Melakukan Seks Sebelum Nikah, Tidak Nikah Dini, dan NAPZA yang mengancam generasi muda.

BACA JUGA   Agar Bisa Ekspor Harus Dampingi Terus Produk UMKM

Pada kegiatan PIK-R itu sendiri diberikan edukasi terutama terkait kesehatan atau gizi remaja.

Hal ini juga sebagai upaya pencegahan stunting dari hulu yaitu penyiapan kehidupan berkeluarga, dengan harapan para remaja dapat mempersiapkan dirinya dengan baik serta merencanakan dengan tepat kehidupan masa depannya.

Selain itu juga diharapkan dapat mendukung percepatan penurunan kasus stunting di Kalimantan Tengah, dimana tahun 2024 tercapai target 15,38% dan secara nasional 14%.

BACA JUGA   Fairid: Minta Masyarakat Harus Sampaikan Aspirasi dan Permasalahan Terkait Aplikasi Lapor

Sementara itu Sub Koordinator Bina Ketahanan Remaja, Theresia Wikie, menjelaskan, yang menjadi penilaian tingkat nasional ini, mulai dari segala administrasi tentang PIK-R, di antaranya adalah SK pembentukan PIK-R, struktur organisasi, profil dan Program Kerja PIK-R.

Sedangkan untuk Sekretariat PIK-R, menyiapkan informasi dan brosur tentang kesehatan remaja, perencanaan generasi muda, serta menyiapkan sertifikat pelatihan yang telah dilakukan.

“Diharapkan apa yang telah dilakukan, akan menjadikan generasi muda di masa keemasannya menjadi seorang pemimpin dengan karakter yang penuh disiplin dan mempunyai perencanaan masa depan,” harap Wikie.

Sumber: (MC. Isen Mulang.1/nd)

BACA JUGA   Walkot Palangka Raya Benar-Benar Jalankan Fungsi Pengawasan

Facebook Comments

- Advertisement -
Iklan
- Advertisement -
- Advertisement -
Related News