Beranda KALTENG Kebenaran Sumber Damai Sejahtera Guna Menemukan Ilmu Kesaktian Hidup

Kebenaran Sumber Damai Sejahtera Guna Menemukan Ilmu Kesaktian Hidup

Kebenaran
Keterangan Gambar: pagelaran film "Somulang Nyai Sawang Lengak Tingang" yang dibawakan oleh para pelaku seni yang tergabung dalam sendratari, dengan pimpinan produksi Jimy O. Andin, Senin (6/12/2021) malam, di Panggung Terbuka UPT Taman Budaya Kalteng Jalan Temanggung Tilung XIII Palangka Raya, Kalteng.
Semangat untuk menjaga Eksistensi Seni Budaya Kalimantan Tengah (Kalteng) dengan melakuka pagelaran film yang menyinggung nilai kebenaran.

“Kebenaran tetaplah kebenaran baik dalam suka atau duka, serta baik atau buruknya kehidupan dunia. Kebenaran itulah sumber damai sejahtera guna menemukan ilmu kesaktian hidup, demi kehidupan yang lebih baik”.

Itulah cerita akhir yang dapat disimpulkan dari pagelaran film “Somulang Nyai Sawang Lengak Tingang” yang dibawakan oleh para pelaku seni yang tergabung dalam sendratari, dengan pimpinan produksi Jimy O. Andin, Senin (6/12/2021) malam, di Panggung Terbuka UPT Taman Budaya Kalteng Jalan Temanggung Tilung XIII Palangka Raya, Kalteng.

2

BACA JUGA   Wagub Kalteng Sambut Kedatangan Rombongan Atlet PON XX

Kepala UPT Taman Budaya Kalteng, Suraji dalam kesempatan itu mengatakan, selama tahun 2021 ini pihaknya bergandengan tangan dengan para pelaku seni untuk memanfaatkan panggung Taman Budaya Kalteng.

“Siang dan malam kami mendampingi para pelaku seni dan budaya. Disadari masih banyak kekurangan. Namun semangat itu menjadi cambuk untuk melakukan langkah kongkret,”ungkapnya.

“Namun sampai pada akhirnya kita bersyukur sebab Taman Budaya Kalteng mampu meraih sertifikat type A, sebagai hasil dari upaya menjaga eksistensi seni budaya,”tambah Suraji.

Selebihnya ia mengungkapkan, pagelaran film dari sendratari itu setidaknya sebagai bagian dari upaya perlindungan, pembinaan dan pengembangan kearifan lokal di Kalimantan Tengah.

Adapun kontemporer klasik pagelaran film karya sendratari tersebut berkisah tentang perjalanan hidup dan kematian, dari seorang perempuan sakti bernama Nyai Sawang Lengak Tingang.

Dalam alur ceritanya memuat perjalanan spritual, cinta, rindu, dendam dan angkara murka. Selain itu berbagai macam emosional muncul dari tokoh tokoh yang mengiringi perjalanan hidup Nyai Sawang Lengak Tingang.

Dari pantauan, pagelaran film sendratari itu disaksikan secara langsung namun terbatas, serta melalui live streaming/ youtube Taman Budaya Kalteng.

Terlihat turut menyaksikan sejumlah anggota DPRD Kalteng, pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng serta Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kota Palangka Raya, maupun undangan lainnya.

[*to-65] – Sumber (MC. Isen Mulang.1/wspd) https://mediacenter.palangkaraya.go.id.

BACA JUGA   20 Seniman Terlibat dalam Program GSMS di Palangka Raya
Artikel sebelumyaNatal 2021, Tahun Baru 2022 Pemerintah Kalteng Lakukan ini
Artikel berikutnyaDua Residivis Ditangkap Setelah Terbukti Melakukan Aksi Pencurian