Beranda DAERAH Kabupaten Kotawaringin Timur Khatib Ajak Jamaah Harus Teladani Nabi Ibrahim AS

Khatib Ajak Jamaah Harus Teladani Nabi Ibrahim AS

Khatib
Khatib mengajak jamah harus meneladani Nabi Ibrahim AS, pada pelaksanaan khutbah Salat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 Hijriah jatuh pada hari Minggu 10 Juli 2022. di Masjid Alhidayah Sampit.

Yang bertindak sebagai Khatib adalah Ustaz Rujianor,S.Pdi, dan bertindak sebagai Imam adalah Bapak Marhan.

Dalam khutbahnya khatib Ustaz Rujianor, mengajak jamaah untuk meneladani Nabi Ibrahim AS. Dia mengatakan,” Kehadiran kita ditempat ini dengan keinginan yang sama yaitu menunjukan rasa syukur dan taat kita kepada Allah Swt, yang telah melimpahkan nikmat karunia-Nya, yang tidak akan mudah kita menghitungnya,” ucapnya.

BACA JUGA   PT. Wilmar Nabati Indonesia Menguasai Tanah Milik Warga Tanpa Ganti Rugi

206565e7 44dc 4442 ac55 6edf419ca781Dicontohkannya khusus nikmat terbesar yang senantiasa akan kita syukuri adalah nikmat Iman dan Islam. Tanpa nikmat itu kita tidak akan berada di jalan yang lurus ini. Yakni jalan keselamatan, jalan kebahagiaan dan jalan kemenangan menuju hidup kekal di surga kelak.

Tanpa petunjuk dan bimbingan-Nya, kita tidak akan pernah tahu bagaimana menegakan syiar agama melalui sembelihan hewan kurban.

Sebagai ungkapan rasa syukur atas segala nikmat-Nya, sebagaimana yang akan kita tunaikan hari ini dan 3 hari yang akan datang (ayyamut tasriq).

BACA JUGA   PT MAP Perbaiki Jalan Menuju Dusun Muara Ubar dan Normalisasi Sungai Ubar

e7676ff3 d2aa 4f99 a20a 0c4ce039085dSelawat dan salam selalu kita haturkan kepada junjungan Nabi Muhammad Saw, yang telah menyampaikan syariat berkurban ini,  kepada kita sebagai wujud keteladanan Nabi Ibrahim AS.

Lanjutnya, memaknai pengorbanan yang telah dilakukan Nabi Ibrahim AS, adalah wujud kecintaan yang mendalam kepada Allah pemilik seluruh alam.

Dibuktikan dengan perjuangan melawan keinginan untuk selalu menyayangi anak yang lama ditunggu-tunggukelahirannya. Pada akhirnya setelah beranjak besar hati Nabi Ibrahim AS, begitu sayang dan bangga kepada anaknya Ismail.

BACA JUGA   Ketua Bapemperda DPRD Kotim Kawasan Industri Bisa Tumbuhkan Ekonomi

Dengan menguji kegigihan dan kekuatan iman Nabi Ibrahim, perintah Allah telah mengisyaratkan beliau untuk menyembelih anaknya.

Coba kita rasakan bagaimana perasaan dan perbuatan, apalagi ketika ujian ini menghadapi diri kita.

Untuk itu mari kita mencontoh Nabi Ibrahim AS, dengan tanpa rasa sedih dan mengeluh, beliau menjalankan semua apa yang diperintahkan Allah kepadanya.

BACA JUGA   Kabar Gembira Koperasi Cempaga Perkasa Terima Cek Giro Rp1,2 Miliar Untuk SHK

Menengok dari peristiwa Nabi Ibrahim AS diatas, tentunya kita sebagai generasi penerus dapat mengambil pelajaran penting, yaitu kita hidup di dunia ini adalah semuanya milik Allah Swt, sebagai mana firman Allah Swt dalam surah an-Nisa ayat 132, yang artinya: “Dan kepunyaan Allah lah apa yang dilangit dan apa yang di bumi cukuplah Allah sebagai pemelihara,” ujarnya.

Ketahuilah !!! bahwa “Harta, anak, istri, jabatan dan sebagainya itu adalah titipan” yang semuanya berasal dari Allah Swt memang benar adanya. Manusia mana yang tidak cinta akan perhiasan dunia.

Kendati demikian, Islam telah mengajarkan,”Cintailah sekedarnya, hanya Allah Swt yang wajib dicintai sepenuhnya,” kata khatib tersebut.

BACA JUGA   Wisnu Eko Setiyono Pelangsir BBM Dituntut 10 Bulan Penjara oleh Jaksa

Cinta yang mandarah daging kepada sesuatu hal di dunia ini, tidak lain akan menjerumuskan kita kelembah kesesatan.

Allah telah mengajarkan arti sebuah cinta kepada Nabi Ibrahim AS, keteguhan cinta Nabi Ibrahim AS kepada Allah tidak tergoyahkan.

Semua menjadi berbuah manis, asal cinta kita selaluditujukan sepenuhnya kepada Allah Swt. Tidak akan pergi, tidak akan tersesat, tidak akan sedih, tidak akan tersakiti dan hal yang buruk berujung pada malapetaka ketika seorang muslim memegang erat benar-benar tali Allah dan Rasul-Nya. (Al-Quran dan Hadis), demikian.

BACA JUGA   Penetapan Upah UMK Daerah 2021, Ini Tanggapan Wakil Ketua DPRD Kotim
Artikulli paraprakSejarah Berdirinya SPRI Tahun 1999, Wajib Diketahui
Artikulli tjetërKecanduan Film Porno, Remaja Ini Berhasil Ditangkap Coba Perkosa Tantenya