Rapat Persiapan Pemilu 2024 di DPRD Kotim Berhasil Dilaksanakan

- Advertisement -
Rapat awal untuk persiapan Pemilu (Pemilihan Umum) tahun 2024, di DPRD Kotawaringin Timur berhasil dilaksanakan pada Rabu, 26 April 2022.

Sekretaris Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotawaringin Timur (Kotim) Ardiansyah menyebutkan, pihaknya di lembaga telah menggelar rapat awal persiapan pemilu bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotim.

Rapat persiapan pemilu tersebut sudah menghasilkan sejumlah kesimpulan yang disepakati bersama. Menurutnya ada empat poin kesimpulan rapat awal persiapan pemilihan serentak tersebut.

Kesimpulan ini harus menjadi acuan untuk pergerakan kedepannya dalam mempersiapkan Pemilu tahun 2024 mendatang.

“Salah satunya, Pemerintah Daerah diminta memaksimalkan sinergitas dengan semua instansi vertikal yang terkait tugas dan fungsi dalam mendukung pemilihan serentak 2024. Kemudian, pemerintah daerah wajib menyiapkan anggaran,” ujarnya, Rabu 26 April 2022.

Anggaran tersebut lanjutnya, sesuai dengan kebutuhan yang diusulkan instansi terkait yang terlibat penyelenggaraan pemilihan serentak, khususnya pemilu kepala daerah.

Dalam hal ini pemerintah daerah juga diminta menyiapkan sarana dan prasarana untuk KPU, Bawaslu dan instansi terkait.

“Seperti kita ketahui, saat ini sarana yang dimiliki KPU dan Bawaslu umumnya pinjam pakai. Maka dari itu harus disiapkan agar lebih maksimal dan matang dalam penyelenggaraan pemilihan nantinya, persiapan pun harus dilakukan lebih awal,” ungkapnya.

Sementara itu untuk poin terakhir, pihaknya bersama akan mematangkan perencanaan, khususnya terkait anggaran dengan berkoordinasi kepada pemerintah provinsi dan pusat supaya tidak sampai menjadi kendala saat pelaksanaan mendatang.

BACA JUGA   Diharapkan Gunakan Anggaran Hanya untuk Perbaikan Jalan Kota
- Advertisement -
Iklan
- Advertisement -
- Advertisement -
Related News