Beranda DPRD KOTIM SP Lumban Gaul: Rencana Pembangunan Tata Kota Sangat Penting

SP Lumban Gaul: Rencana Pembangunan Tata Kota Sangat Penting

Rencana Pembangunan
SP Lumban Gaul, Anggota Komisi III DPRD Kotim
Rencana Pembangunan Tata Kota Sangat Penting, untuk direncanakan dengan harapan kota tetap nyaman dan layak huni baik sekarang maupun dimasa yang akan datang.

Sebagaimana yang disampaikan SP Lumban Gaul, Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, kepada media ini.

Menurutnya, kini lebih dari separuh jumlah warga Kotim tinggal di daerah perkotaan. Penataan ruang memiliki peran penting agar kota-kota tetap nyaman dan layak huni sekarang dan di masa depan.

BACA JUGA   PBS Dianggap Melanggar Aturan Terkait Pengggunaan Jalan Umum

Lanjutnya, munculnya kekhawatiran terhadap perkembangan pembangunan penataan kota, khususnya di wilayah Kecamatan Mentawa Baru Ketapang yang menjadi Ibu Kota Kabupaten Kotim.

Ia mengingatkan pemerintah daerah setempat akan pentingnya membuat rencana tata kota  ini agar areal pembangunan jalan yang telah direncanakan tidak menjadi lokasi pembangunan rumah warga.

Karena jika areal lokasi pembangunan jalan sudah banyak berdiri perumahan warga maka ketika jalan dibangun akan menjadi sempit.

BACA JUGA   DPRD Kotim Berduka, H. Hademan dari Anggota Fraksi PKB Berpulang Kerahmatullah

“Karena itu dalam hal ini pemerintah kecamatan disini perlu menyampaikan rencana pembangunan jalan kepada masyarakat agar masyarakat tidak mencaplok wilayah.” ujarnya, Selasa, (24/1/2023).

“Terlebih bila wilayah belum terjamah, maka masyarakat wajib menyesuaikan dengan rencana pembangunan jalan sebelum membuat tempat tinggal baru,” katanya.

Legislator Partai Demokrat ini juga menjelaskan, jika rencana pembangunan jalan sudah dipetakan.

BACA JUGA   Raperda Perpustakaan Harus Segera Dibahas

Dan selanjutnya menjadi tugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) yang membuka jalan dengan berkoordinasi bersama pihak kecamatan sehingga pembangunan tata kota menjadi lebih baik lagi.

Lumban Gaul menambahkan terdapat banyak keuntungan bagi masyarakat bila di wilayah belum terjamah dilakukan pembangunan jalan. Salah satunya, harga tanah pasti naik. Selain itu akses menuju dan keluar wilayah menjadi mudah.

“Selama kegiatan reses dan kunjungan di sejumlah desa, kelurahan dan kecamatan pada Musrenbang RKPD 2024 sendiri masih seputar pembangunan jalan dan jembatan,” jelasnya.

” Hal itu yang diusulkan pihak kecamatan untuk terus didorong dalam program pembangunan, karena itu penataan tata ruang kota sangat penting dibuatkan pemetaan nya,” pungkasnya.

BACA JUGA   Fraksi PAN Tekankan 5 Point Penting di APBD Perubahan 2021
Artikulli paraprakSanidin: Lingkungan Terowongan Nur Mentaya Harus Dikelola
Artikulli tjetërPAD Berperan Penting untuk Pembangunan Kabupaten Seruyan