Tajuk: Kasus PSR di Katingan Harus Jadi Warning Bagi Kabupaten Lain di Kalteng

- Advertisement -
Dalam Tajuk Rencana kali ini Petualang Jurnalis mengingatkan kepada semua pihak terkait dengan pelaksanaan program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) harus menjadi pelajaran atau Warning.

Maksudnya harus menjadi warning atau peringatan bagi pelaksana kegiatan PSR dimaksud agar jangan tersandung kasus korupsi sebagaimana yang terjadi di Desa Kampung Melayu, Kecamatan Mendawai, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Selaku putra daerah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) khususnya, Petualang Jurnalis sangat miris jika Kotim melakukan hal yang sama, jika melakukan hal yang sama siap-siap saja menerima sanksi yang sama.

BACA JUGA   Tiga Pelaku Beserta 20 Unit Kendaran, Berhasil Diamankan Polres Kotawaringin Barat

Karena menurut Petualang Jurnalis, masyarakat saat ini sudah pintar dan tidak mudah untuk dikibuli lagi, terlebih sudah ada contoh konkrit dan sudah viral diberitakan media massa baru-baru ini seperti di Kabupaten Katingan.

Secara umum Petualang Jurnalis juga mengingatkan hal ini, jangan sampai terjadi lagi di Kalimantan Tengah (Kalteng), menggarong uang negara untuk memperkaya diri sendiri maupun kelompok tertentu.

Untuk menghindari kecemburuan Kabupaten Katingan yang saat ini tersandung kasus tindak pidana melawan hukum (Korupsi) dana bantuan program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR), petualang mengimbau kepada Aparat Penegak Hukum (APH) di Kalteng.

BACA JUGA   Karyawan BSP 5 Orang Korban Pengeroyokan Kasusnya Diselidiki Polisi

Untuk melakukan monitoring, kontrol dan verifikasi kembali beberapa kabupaten di Kalteng yang pernah mendapat program bantuan PSR ini dengan cara bekerjasama dengan elemen masyarakat,dengan melibatkan aktivis dan awak media selaku kontrol sosial.

Petualang Jurnalis berkeyakinan bukan hanya oknum di Kabupaten Katingan saja yang saat ini terbukti melakukan praktek korupsi menggarong uang negara dalam program bantuan PSR ini, kabupaten lain juga harus ditelisik.

Rencana kedepan Petualang Jurnalis bersama-teman-teman aktivis, dan media serta Advokat yang peduli, akan membuka pos pengaduan kasus PSR, secara sukarela untuk membantu APH menyelamatkan uang negara dari rakusnya tikus-tikus yang nekat melakukan praktek KKN di program tersebut.

Semoga saja rencana ini akan terwujud, petualang berharap dukungan dari seluruh elemen masyarakat untuk memberikan informasi dan data-data yang kami perlukan, dan bagi APH kami berharap dukungannya, karena ini murni membantu tugas APH itu sendiri, demikian.

Penulis: Misnato (Petualang Jurnalis).

BACA JUGA   Sejumlah Kantor Dinas di Kotim Gelap Gulita Karena Diputus PLN
- Advertisement -
Iklan
- Advertisement -
- Advertisement -
Related News